Bupati PAS Rencanakan Perbaikan Industri Hulu Pertanian

Banten, Dewata News. Com —  Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST menghadiri peresmian Irradiator Gamma Merah Putih di Pusat Peneli...


Banten, Dewata News. Com — Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST menghadiri peresmian Irradiator Gamma Merah Putih di Pusat Penelitian, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Tangerang, Banten, Rabu (15/11). Bupati Agus Suradnyana juga berkesempatan melihat hasil dari irradiasi gamma dan bagaimana irradiator gamma tersebut. Setelah melihat semuanya, Bupati Agus Suradnyana berencana memperbaiki pertanian dari hulu terdahulu agar bisa lebih baik.
 
Bupati yang akrab disapa PAS ini menjelaskan, irradiator gamma sangat membantu dalam bidang pertanian. Irradiator Gamma ini meawarkan solusi bagi peningkatan kualitas hasil pertanian seperti sayur, produk bahan jadi, dan buah-buahan. Irradiator gamma ini memiliki beberapa proses seperti ketahanan buah dan sayur serta pembasmian hama. ”Saya rasa irradiator gamma ini memberikan beberapa solusi bagi permasalahan pertanian kita di Bali dan di Buleleng pada khususnya,” jelasnya.
 
Sesuai dengan program kerjanya pada tahun 2018 yang berfokus kepada pertanian, Pemkab Buleleng telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), terkait pengembangan teknologi nuklir untuk pertanian. Dengan MoU tersebut, Bupati PAS berharap irradiator gamma bisa dibangun di Buleleng. ”Kami berharap irradiator gamma ini, salah satunya bisa dibangun di Buleleng,” ungkapnya.
 
Namun, PAS menambahkan sebelum dibangun irradiator gamma ini, pihaknya akan memperbaiki hulu-nya terlebih dahulu, sehingga hilirnya sudah ditindaklanjuti dengan penanganan pasca panen menggunakan teknologi yang lebih modern. Sejauh ini, menurutnya, Pemkab Buleleng sendiri telah siap menindaklanjuti isi MoU, baik itu masalah studi kelayakan ataupun pembangunannya. ”Kami perbaiki hulunya dulu. Untuk hilirnya kita gunakan teknologi yang lebih modern seperti iradiasi gamma ini. Kita juga sudah siap untuk studi kelayakan dan juga pembangunannya,” imbuh Bupati PAS.
 
Sementara itu, Kepala Pusat Diseminasi dan Kemitraan BATAN, Ruslan saat ditemui usai acara mengatakan, dengan diresmikannya irradiator gamma ini paling tidak bisa menjadi contoh jika dibangun di daerah mulai dari studi kelayakan, pembangunan hingga pemanfaatannya. Khusus untuk di Buleleng, irradiator gamma ini bisa dimanfaatkan untuk buah-buahan dan ikan.
 
”Irradiator gamma ini sangat berguna untuk hasil pertanian dan juga perikanan khususnya di Kabupaten Buleleng. Saya juga berharap irradiator gamma ini bisa dibuat di Buleleng,” imbuhnya. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 723325749623578253

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item