Menuju Pelayanan Prima, BKPSDM Buleleng Hadapi Audit ISO 9001:2015

Buleleng, Dewata News. Com — Sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN), Badan K...


Buleleng, Dewata News. Com —Sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buleleng menjalani audit manajemen pelayanan organisasi yang dilakukan Lembaga Audit Independen ASRICERT di Kantor BKPSDM Kabupaten Buleleng, Selasa (24/10).
 
”Audit ini bertujuan untuk memenuhi standar internasional yaitu ISO 9001:2015 mengenai system manajemen organisasi khususnya di bidang pelayanan”, kata Presiden Direktur ASRICERT, Hasnop Putra yang turun langsung mengaudit BKPSDM Buleleng siang itu.
 
Ia menjelaskan, ISO 9001:2015 merupakan standar manajemen mutu internasional, dimana di Indonesia sudah menjadi Standar Nasional Indonesia (SNI). Sebenarnya sistem ini berlaku untuk semua jenis usaha, baik di pemerintahan maupun juga di swasta. Untuk di pemerintahan yang di sertifikasi adalah standar pekerjaan yang mengacu kepada standar ISO 9001:2015 yang sesuai dengan SNI, walaupun di BKPSDM sudah ada acuan dalam melakukan pekerjaan misalnya mengacu pada Permen 35 tahun 2012.
 
”Ini bisa digunanakan sebagai tools (alat) untuk mengukur kinerja organisasi ekosistem pemerintahan, sedangkan untuk ISO 9001 lebih menekankan pada resiko dan peluang-peluang yang ada di organisasi tersebut. Jadi lebih cendrung dalam perbaikan dan resiko yang di timbulkan dari kegiatan-kegiatan organisasi tersebut,” jelasnya.
 
Lebih lanjut, Hasnop Putra mengatakan, ISO 9001:2015 memiliki persyaratan–persyaratan, diantaranya konteks organisasi, sumberdaya, operasional, evaluasi dan improvement (pengembangan). Dengan memiliki ISO diharapkan bisa menjamin pelayanan yang di berikan, memenuhi standar internasional SNI ISO 9001:2015. Dalam artian setelah memiliki SNI akan ada lagi kajian-kajian serta pengecekan di internalnya.
 
 
Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Buleleng, Ni Made Rousmini, S.Sos mengatakan, standarisasi dengan ISO 9001:2015 sangat perlu, karena ISO merupakan suatu standar internasional dalam manajemen untuk mengukur mutu/kridibilitas suatu organisasi. ISO ini juga dipandang perlu, karena salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) BKPSDM adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya ASN di lingkup Pemkab Buleleng.
 
”Jika suatu organisasi itu sudah memiliki ISO, maka akan ada ruang untuk melakukan perubahan paradigma didalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat dalam hal ini khususnya pelayanan kepada para ASN (Aparatur sipil Negara),” ujarnya
 
Rousmini murah senyum ini menambahkan, setelah hasil audit dinyatakan lulus maka ini menjadi sebuah komitmen manajemen dan seluruh perangkat yang ada di BKPSDM, untuk lebih berkomitmen dengan memberikan layanan secara akurat dan transparan. Dalam artian setelah memiliki ISO tentunya sudah memiliki standar kualitas pelayanan yang tertuang didalam SOP, dengan adanya ISO ini memberikan jaminan kepada para ASN bahwa kami memiliki standar skala internasional dan SNI.
 
”Setelah hasilnya keluar nanti, kami beserta jajaran berkomitmen untuk menjaga kualitas mutu yang telah ada dan memberikan pelayanan prima kepada customer kami yaitu para ASN,” jelas Rousmini. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 4085792198569283467

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item