Kementerian PUPR RI Bantu Mobil Truk Tangki Air Untuk Penanganan Bencana Gunung Agung

Buleleng, Dewata News. Com —  Dibalik terjadinya bencana alam Gunung Agung yang berlokasi di Kabupaten Karangasem yang mengakibatkan ra...


Buleleng, Dewata News. Com — Dibalik terjadinya bencana alam Gunung Agung yang berlokasi di Kabupaten Karangasem yang mengakibatkan ratusan ribu warga melakukan pengungsian secara besar-besaran ke beberapa titik pengungsian di beberapa kabupaten terdekat, khususnya Klungkung dan Buleleng.
 
Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI merasa tersentuh kepeduliannya terhadap nasib warga masyarakat di tempat pengungsian, khususnya menyangkut pengadaan air bersih, sehingga secara spontan menyerahkan bantuan ”pinjam pakai” sepuluh unit mobil truk tangki air yang secara operasional dipercayakan kepada PDAM Kabupaten yang menampung warga pengungsi. ”Selain 10 unit mobil truk tangki air, dari Kementerian PUPR RI juga membantu enam unit mobil truk sampah (dump sampah),” kata Direktur Utama PDAM Kabupaten Buleleng, I Made Lestariana ketika dihubungi di Singaraja, Senen (02/10) sore.
 
Bantuan puluhan unit mobil truk tangki air maupun mobil truk sampah(dump sampah) itu secara resmi diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Rina Agustin di kantor UPP PAM Dinas PU Provinsi Bali, Jalan Cokroaminoto, Denpasar, pada hari Minggu (01/10).
 
Untuk bantuan 2 unit mobil dump truck diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Nyoman Genep.
 
Menurut Made Lestariana, di antara penerima bantuan mobil truk tangki air dari Kementerian PUPR itu, ternyata PDAM Kabupaten Buleleng terbanyak diberikan, yakni sebanyak 3 unit, di samping 2 unit mobil truk dump sampah. ”Bantuan sepuluh unit mobil truk tangki air maupun 6 unit mobil truk dump sampah khusus diperuntukkan dalam penanganan pengungsi sebagai akibat dampak bencana Gunung Agung,” imbuhnya.
 
Selain PDAM Buleleng, bantuan mobil truk tangka air dari Kementerian PUPR tersebut, juga diserahkan kepada PDAM Karangasem – 2 unit, PDAM Klungkung – 2 unit, PDAM Denpasar -  1 unit dan 2 unit untuk Dinas PU Provinsi Bali. Selain sepuluh unit mobil truk tangki air tersebut, juga diserahkan 6 unit mobil truk dump sampah, masing-masing 2 unit untuk PDAM Karangasem, PDAM Klungkung dan PDAM Buleleng.
 
Dirut PDAM Buleleng Made Lestariana mengatakan, sebagai konsekuensi dari pada penerimaan bantuan ”pinjam pakai” dari Kementerian PUPR, pihaknya langsung mengoperasikan untuk pengadaan air bersih ke lokasi pengungsian yang ada di wilayah Tejakula, di samping juga mobil truk tangki air dari BPBD, maupun Dinas PU Provinsi serta dari Dinas Perumahan & Pemukiman.
 
Sekretaris Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Rina Agustin saat menyerahkan bantuan puluhan unit mobil itu, seperti disampaikan Made Lestariana, hendaknya mobil truk tangki air maupun mobil truk dump sampah dioperasikan semaksimal mungkin untuk menangani pengungsi korban bencana Gunung Agung.
 
Ketika penanganan pengungsian dampak bencana Gunung Agung selesai, bantuan mobil truk tangka air maupun mobil truk dump sampah dari Kementerian PUPR ini nantinya direncanakan melalui bantuan hibah diserahkan kepada Pemkab Buleleng yang selanjutnya diteruskan kepada PDAM Buleleng.
 
”Kalau nantinya 3 unit mobil tangki air ini benar diserahkan oleh pemerintah pusat kepada Pemkab Buleleng dalam bentuk hibah yang selanjutnya pengelolaan pengoperasian kepada PDAM Buleleng akan dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan air minum bersih kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Lestariana. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 2161475220553333266

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item