”Pramuka Peduli” Bantu Penanganan ”Semeton” Karangasem di Pengungsian

Buleleng, Dewata News. Com —  Aksi secara nyata dilakukan langsung Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng dengan menerjunkan ”Pramuka ...


Buleleng, Dewata News. Com — Aksi secara nyata dilakukan langsung Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng dengan menerjunkan ”Pramuka Peduli” untuk membantu tugas-tugas penanganan terhadap warga dari wilayah Kecamatan Kubu, Karangasem yang berada di Camp pengungsian yang ada di Desa Les dan Desa Tembok, Kecamatan Tejakula.
 
Kehadiran para anggota Pramuka Penegak dan Pandega di lokasi pengungsian yang diterjunkan, sejak hari Rabu (27/09) itu, menurut Wakil Ketua (Waka) Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng, Nyoman Sudana, diberikan tugas untuk melakukan distribusi permakanan, pakaian dan berbagai keperluan kepada para pengungsi, termasuk melakukan pendataan pengungsi yang setiap saat mengalami penambahan.
 
”Kehadiran ‘Pramuka Peduli’ yang bertugas secara bergantian di Desa Les dan Desa Tembok itu, juga dipercaya untuk menerima dan mencatat sumbangan maupun bantuan dari para donatur yang datang langsung ke lokasi pengungsian,” .kata Waka Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng Nyoman Sudana ketika dihubungi di Singaraja, Sabtu (30/09).
 
Ia juga menyebutkan, disamping tugas utama yang diberikan BPBD Buleleng kepada ”Pramuka Peduli”, beberapa anggota Pramuka itu juga melakukan pembersihan secara bertahap di lokasi penampungan pengungsian, termasuk melakukan pendampingan kepada anak-anak saat belajar ataupun bermain.
 
Waka Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng, Nyoman Sudana juga mengungkapkan, ”Pramuka Peduli” di Buleleng telah lama terbentuk dengann kegiatan keikutsertaan untuk membantu penanganan bencana, seperti saat ini untuk lebih menanamkan kepedulian Pramuka dan juga sebagai wujud pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.
 
“Keterlibatan ”Pramuka Peduli” ini memang sudah termasuk di dalam program kerja kita, dan memang melaksanakan program ini untuk menerapkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” imbuhnya.
 
Selain terjun langsung dalam penanganan di ”Camp Pengungsian” bersama BPBD Buleleng dan Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng juga melakukan penggalangan bantuan melalui masing-masing Kwartir Ranting di Buleleng yang nantinya akan disalurkan secara bersamaan untuk meringankan beban yang dihadapi para pengungsi ancaman erupsi Gunung Agung.
 
Sementara itu, BPBD Buleleng telah mencatat 10.000 lebih warga dari wilayah Karangasem yang datang ke lokasi penampungan di wilayah Kecamatan Tejakula, bahkan sampai di Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 4559570435210755552

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item