Pengembangan Kawasan Wisata Alam Desa Ambengan

Buleleng, Dewata News.Com — Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Banten Sari, korwil Jembong mengikuti Pelatihan Pengembangan Wisata dari...


Buleleng, Dewata News.Com — Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Banten Sari, korwil Jembong mengikuti Pelatihan Pengembangan Wisata dari tim Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Jumat (01/09).

Pelatihan dipusatkan di kawasan wisata air terjun Jembong, Desa Ambengan Kecamatan Sukasada. Program pelatihan yang didukung Sigma Outbound Singaraja tersebut bertujuan menggali potensi desa wisata di Dusun Jembong.

Seperti diungkapkan tim PPM Undiksha Singaraja, I Gusti Lanang Agung Parwata, potensi desa wisata ini akan dikembangkan sehingga nantinya mampu menjadi alternatif tujuan wisata di Buleleng.

“Ini sangat layak sekali dikembangkan berbagai wahana wisata, salah satunya flying fox nanti, sudah itu tracking kan memang sudah, sudah itu ada wahana-wahana untuk renang, juga potensi yang ada air terjun mengalir itu sangat bagus sekali”, ucapnya.

Program PPM dari FOK Undiksha Singaraja tersebut mendapat sambutan positif dari Kepala Desa Ambengan, I Gede Seberata maupun Ketua Pokdarwis Banten Sari, Made Suneka. Melalui kegiatan ini, Gede Suberata berharap lokasi wisata di Dusun Jembong akan semakin dikenal wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Kami selaku pemerintah desa sangat mengharapkan kegiatan-kegiatan seperti ini, sehingga sumber daya alam yang ada di daerah kami itu akan semakin dikenal oleh publik, sehingga dikenalnya itu akan menarik wisatawan-wisatawan dari luar baik mancanegara maupun domestik, dengan demikian akan ada pendapatan bagi desa kami”, terangnya.

Disisi lain, diakui Ketua Pokdarwis Made Suneka, saat ini pihaknya masih terkendala minimnya infrastruktur berupa akses jalan menuju kawasan wisata serta terbatasnya SDM yang memadai.

“Sarana prasarana, khususnya di akses jalan masuk ini, jalan yang kami miliki masih kecil. Mudah-mudahan dari pemerintah punya sentuhan untuk bisa memberikan fasilitas jalan, termasuk juga promosi bagi kelompok-kelompok yang ada di Ambengan ini, karena kami dari segi SDM maupun promosi masih jauh tertinggal, karena kelompok kami mayoritas sebagai petani”, jelasnya.

Pokdarwis Banten Sari Korwil Jembong telah dikelola sejak 2013 dengan anggota 28 orang. Desa Ambengan sendiri telah ditetapkan sebagai desa wisata sejak 31 Desember 2015 oleh Bupati Buleleng. Hingga saat ini ada empat Pokdarwis di Desa Ambengan, yakni Jembong, Bukit Balu, Ambengan dan Pebantenan dengan berbagai wisata alamnya yang menawan. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 6632508384940909130

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item