Pangdam IX/Udayana Dukung Penuh Upaya Tanggap Darurat Gunung Agung

Denpasar, Dewata News. Com -  Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin mendukung penuh upaya tanggap darurat yang dilaksanakan Pemprov ...


Denpasar, Dewata News. Com - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin mendukung penuh upaya tanggap darurat yang dilaksanakan Pemprov Bali terkait peningkatan aktivitas Gunung Agung. Penegasan itu disampaikannya di sela-sela kegiatan Fun Bike serangkaian memperingati HUT TNI ke-72 yang mengambil start dan finish di depan Makodam IX/Udayana, Minggu (24/9).

Lebih jauh Komaruddin menyebut, sejak status Gunung Agung ditingkatkan dari normal menjadi siaga pihaknya telah mengontak seluruh Danrem untuk menyiapkan personil lengkap. Sejalan dengan eskalasi aktivitas Gunung Agung yang saat ini telah mencapai level awas, TNI juga menyiapkan dapur lapangan, tenda dan kebutuhan lain bagi para pengungsi. “Itu sudah diamanatkan dalam undang-undang kalau TNI berkewajiban mendukung pemerintah dalam upaya penanganan bencana,” imbuhnya.

Pada bagian lain, Pangdam juga menghimbau agar masyarakat yang berada dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) mengindahkan petunjuk yang diberikan oleh pihak-pihak yang berwenang. Selain itu, dia juga mengingatkan para pengungsi menempati lokasi yang telah diatur dan ditetapkan pemerintah. “Ada anggapan kalau mereka hanya akan mengungsi dalam jangka waktu pendek, padahal kita kan tidak dapat mempredikasi. Karenanya kami berharap para pengungsi menempati lokasi yang sudah ditentukan untuk memudahkan pengendalian,” tandasnya. Usai pelaksanaan fun bike, Pangdam juga berencana melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi pengungsian.

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan Pangdam IX/Udayana. Menurutnya, dukungan dari seluruh komponen sangat dibutuhkan dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi terkait peningkatan aktivitas Gunung Agung. Dalam kesempatan itu, Wagub Sudikerta juga menyambut positif kegiatan fun bike yang digelar Kodam IX/Udayana serangkaian memperingati HUT TNI ke-72. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran, kegiatan semacam ini juga diyakini mampu memupuk semangat kebersamaan kalangan prajurit dan masyarakat. Fun bike yang diikuti ribuan peserta dari unsur TNI dan masyarakat menempuh jarak 10 KM dan dimeriahkan berbagai hiburan.

Berita Terkait

Breaking News 1047443672697078701

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item