Jaga Sikap Profesional Dokter Dengan Pendidikan Karakter

Klungkung, Dewata News. Com -  Seorang dokter tidak harus menunjukkan idealisme yang tinggi. Meski dituntut untuk bersikap professional...


Klungkung, Dewata News. Com - Seorang dokter tidak harus menunjukkan idealisme yang tinggi. Meski dituntut untuk bersikap professional, sikap tersebut harus dapat dikawal dengan baik yang merupakan gabungan dari kompetensi yang dimiliki. 

Pendidikan karakter adalah salah satu bagian penentu dari sikap profesionalitas tersebut. Untuk itu, penguatan pendidikan karakter sangat penting diberikan bagi seorang dokter. Demikian disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat menghadiri Pelantikan pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Klungkung, masa bakti 2017 – 2020. “Sikap professional ini harus dijaga dengan baik,” ujar Bupati Suwirta di ruang rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Sabtu (9/9). 

Menurut Bupati, sebagai wadah profesi para dokter, IDI Kabupaten Klungkung diharapkan dapat mengadakan seminar tentang penguatan karakter tersebut. Hal ini tidak lain untuk meningkatkan sikap professional dan kompetensi bagi seorang dokter. 

Selain itu, inovasi dibidang pelayanan juga diminta untuk dapat ditingkatkan. Salah satunya adalah inovasi dibidang public speaking atau gaya bicara dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. “Berikan yang terbaik tanpa menimbulkan ketersinggungan,” pesan Suwirta dihadapan dokter maupun perawat yang hadir. 

Ketua IDI Wilayah Bali, Kompiang Dautama menyampaikan bahwa amanah sebagai seorang dokter adalah memberi keselamatan kepada pasien. Sebagai wadah para dokter, IDI Cabang Klungkung diharapkan untuk tidak segan memberi masukan dan bantuan kepada Pemkab. “Jangan berhenti untuk berbakti pada organisasi maupun daerah,” ujarnya. 

Menurut Kompiang Dautama, memiliki profesi seorang dokter harus senantiasa berada digarda terdepan untuk menjaga empat (4) pilar kebangsaan. Yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Dimana hal ini sudah tercantum dalam sumpah dokter dan aturan etika dokter. 

Panitia kegiatan, Ketut Agus Biomantara menyampaikan, pelantikan pengurus IDI Cabang Klungkung masa bakti 2017 – 2020 sesuai dengan Surat Keputusan Pengurus Besar IDI, Nomor : 01330/PB/A.4/07/2017, tanggal 31 Juli 2017. Dalam pelantikan ini juga diadakan seminar ilmiah tentang deteksi dini penanggulangan dan asuhan keperawatan kanker kolorektal serta penanganan kegawatdaruratan perdarahan saluran cerna.

Berita Terkait

Kabar Klungkung 1099400994405878621

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item