Bantuan Terus Berdatangan, Ketersediaan Logistik Untuk Pengungsi Gunung Agung Tercukupi

Karangasem, Dewata  News. Com -  Naiknya status Gunung Agung menjadi awas, membuat puluhan ribu warga Karangasem terpaksa mengungsi ke ...


Karangasem, Dewata  News. Com - Naiknya status Gunung Agung menjadi awas, membuat puluhan ribu warga Karangasem terpaksa mengungsi ke tempat aman. Untuk menangani pengungsi ini, ketersediaan logistik dalam 30 hari kedepan tercukupi. Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra dalam siaran persnya, Rabu (27/9) pagi.
"Terkait logistik kami siap untuk pasokan 30 hari kedepan, hingga kini pun bantuan logistik masih terus berdatangan ke pos komando," kata Dewa Mahendra.

Ditambahkan Dewa Mahendra, masyarakat diminta untuk tidak khawatir terkait dengan pasokan logistik ke pos pengungsian, Ia menjamin jika seluruh kebutuhan logistik bagi para pengungsi bisa tercukupi selama berlangsungnya bencana Gunung Agung ini. Tak hanya itu, ia juga meminta kepada posko mandiri untuk melaporkan kepada petugas agar bisa didata dan memperoleh bantuan secepatnya.

"Banyak posko mandiri tidak melaporkan keberadaannya, untuk itu saya minta kepada posko mandiri untuk melaporkan kepada petugas agar bisa didata dan memperoleh bantuan, jangan sampai ada anggapan pemerintah tidak memperhatikannya," ujar birokrat asal Buleleng tersebut.


Dijelaskan Dewa Mahendra, bantuan yang sudah tersedia di saat mengecek ketersediaan logistik di Pos Komando Penanggulangan Darurat Bencana Gunung Agung, Pelabuhan Cruise Tanah Ampo, Manggis, Karangasem pada saat ini di antaranya adalah beras,  minyak, mie isntan, gula pasir, air mineral kemasan, selimut, matras, tikar, obat-obatan, tenda serta yang lainnya. Bantuan logistik, lanjut Dewa Mahendra memang sangat diperlukan mengingat situasi darurat yang terjadi saat ini. Pemerintah baik Provinsi maupun pusat menurut Dewa Mahendra telah memback-up penuh keperluan yang dibutuhkan selama bencana berlangsung, bahkan dituturkan Dewa Mahendra jika Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah turun langsung ke pos komando memastikan ketersediaan logistik serta melihat langsung pos pengungsian pada Selasa (26/9) sore. Bahkan terbaru, pemerintah China melalui Konjennya di Bali telah menyalurkan bantuan logistik senilai Rp. 699.800.000 ke Pos Komando Tanah Ampo pada Rabu (27/9) siang.

Dalam kesempatan tersebut, Dewa Mahendra mengatakan apabila masyarakat ingin memberi bantuan dalam bentuk uang bisa juga melalui rekening resmi BPD Bali 022.02.02.44480-8 a/n Peduli Gunung Agung Karangasem. Untuk bantuan logistik bisa langsung menyerahkan ke Pos Komando Tanah Ampo, sedangkan untuk pengungsi yang belum tersentuh bantuan dapat menghubungi Pusdalops Provinsi Bali di Tlp. 0361-251177 atau Call Center Pos Komando Tanah Ampo di 081 353 965 324.

Sementra itu, hal senada juga disampaikan I Ketut Kanginan Subandi selaku koordinator bidang logistik Pos Komando Tanah Ampo. Dijelaskan Subandi, per tanggal 26 September 2017 telah masuk beras sebanyak 101.005 kg, Minyak Goreng sebanyak 1.991 liter, Gula Pasir 2254 kg serta bantuan lainnya.

"Untuk logistik saya kira mencukupi untuk 2 sampai 3 minggu kedepan, terlebih bantuan juga terus berdatangan hingga saat ini," ungkapnya.

Ditambahkan Subandi, apabila di posko pengungsian yang tersebar di 437 titik ketersediaan logistik telah menipis atau habis, diharapkan untuk melaporkan ke pos komando Tanah Ampo untuk segera di distribusikan.

Data pengungsi yang masuk pada tanggal 27 September 2017 hingga pukul 12.00 Wita mencapai 96.086 jiwa tersebar di 430 titik pos pengungsian.

Berita Terkait

Breaking News 4546366593000558026

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item