Bahas Situasi Terkini Gunung Agung, Kepala BNPB Bertemu Gubernur Pastika - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/20/17

Bahas Situasi Terkini Gunung Agung, Kepala BNPB Bertemu Gubernur Pastika


Denpasar, Dewata News. Com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Willem Rampangilei secara khusus menemui Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Rabu (20/9). Pertemuan yang berlangsung di ruang tamu gubernuritu membahas situasi terkini Gunung Agung dan langkah antisipasi yang telah dilaksanakan.

Mengawali pertemuan, Willem menyampaikan bahwa saat ini aktivitas Gunung Agung sedang tenang. "Dari hasil pantauan seismograf, sekarang lagi dalamtahap deselerasi (perlambatan aktivitas,red) atau tenang," bebernya. Namun menurutnya apa yang akan terjadi selanjutnya masih sulit ditebak, bisa langsung turun berangsur-angsur, namunbisa juga bisa sebaliknya. Bertolak dari analisa tersebut, BNPB, BPBD Provinsi dan Kabupaten telah melakukan sejumlah langkah antisipasi sesuai dengan SOP yang berlaku. "Kita cek alat komunikasi di pospemantau dan memastikan alat itu berfungsi dengan baik," ujarnya. Selain itu, pihaknya juga memastikan peringatan dini terlaksana dengan baik dan dapatdipahami masyarakat. "Kita harus memastikan peringatan dini itu benar-benar sampai ke masyarakat dan mereka paham. Upaya kita adalah dengan mengintensifkan sosialisasi melalui banjar," terangnya. 

Pada bagian lain, Willem juga menyampaikan bahwa mengacu ketentuan pusat vulkanologi, pada status siaga,radius 6 KM dari area kawah Gunung Agung harus bebas dari aktivitas manusia.“Berpedoman pada SOP yang berlaku, semua unsur sudah siap untuk proses evakuasi,” ujarnya seraya mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan berdoa. “Pada prinsipnya kami berharap tak ada erupsi dan kalaupun terjadi, tak ada korban jiwa,” tambahnya.


Menanggapi hal itu, Gubernur Pastika menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena begitu banyak pihak yang menaruh perhatian terhadap Pulau Dewata. “Pusat sudah turun, bahkan internasional pun sudah ada yang menawarkan bantuan. Dengan melihat kesiapan semua pihak, saya optimis kita dapat melaksanakan langkah antisipasi dengan baik,” ujar Pastika yang didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali I Dewa Gede Mahendra Putra,SH.MH dan Kepala BPBD Bali Dewa Made Indra. Yang terpenting, imbuh Pastika, para petugas jangan panik dan tahu apa yang harus mereka lakukan.

Menambahkan penjelasan Gubernur Pastika, Karo Humas dan Protokol Dewa Gede Mahendra Putra kembali mengingatkan agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik. “Jangan mudah percaya kepada informasi yang sumbernya tidak jelas,” ujarnya. Pada kesempatan itu, Dia juga menghimbau agar tak ada pihak-pihak yang memperkeruh suasana dengan menyebarkan informasi yang tidak benar alias hoax. Semua pihak diharapkan ikut menjaga kondusifitas Bali sebagai daerah tujuan wisata. Sebab kesimpangsiuran informasi dikhawatirkan akan berdampak negatif pada periwisata Bali.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com