Arya Suyasa Pertahankan Kursi Jabatan Perbekel Sangsit

Buleleng, Dewata News.Com — Selaku calon incumbent, Putu Arya Suyasa berhasil mempertahankan kursi jabatan kedua kalinya ”penantangnya...


Buleleng, Dewata News.Com — Selaku calon incumbent, Putu Arya Suyasa berhasil mempertahankan kursi jabatan kedua kalinya ”penantangnya” dalam Pemilihan Perbekel (Pilkel) Desa Sangsit, Kecamatan Sawan.

Kegiatan Pilkel yang berlangsung secara serentak di sebelas desa dalam wilayah tujuh kecamatan di Kabupaten Buleleng itu telah berjalan lancar pada hari, Rabu (27/09).

Perbekel Sangsit, Putu Arya Suyasa sebagai calon petahana dengan perolehan 1.875 suara, sedangkan dua calon petahana lainnya yang mempertahankan jabatannya, yakni Perbekel Pangkungparuk Ketut Sudiarsana dengan perolehan 2.866 suara, serta Perbekel Tukadsumaga I Made Gelgel dengan perolehan 2.128 suara.

Dua calon petahana tumbang dalam Pilkel serentak itu, yakni Made Suteja dari Desa Dencarik yang juga Ketua Forkum Perbekel/Lurah (Forkomdeslu) Kabupaten Buleleng. Ia akan digantikan Putu Budiasa yang meraih 1.479 suara. Suteja sendiri hanya mengumpulkan 477 suara.

Calon lainnya, Made Arka notabene dulunya Perbekel Tukadmungga harus tumbang dengan raihan 302 suara. Suksesi di Desa Tukadmungga dimenangkan I Putu Madia dengan perolehan 825 suara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Buleleng, Gede Sandiyasa mengatakan, sebelas desa yang melaksanakan Pilkel gelombang kedua tahun 2017, masing masing, Desa Bondalem dan Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Desa Tukadmungga, Kecamatan Buleleng, desa Sidetapa dan Desa Dencarik di Kecamatan Banjar. Sementara untuk wilayah Kecamatan Busungbiu, yaitu Desa Sepang Kelod,dan Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt serta Desa Tukad Sumaga dan Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak.

Sukses dan lancarnya kegiatan pelaksanaan Pilkel 2017 gelombang kedua yang secara serentak digelar, menurut Kadis PMD Buleleng Gede Sandiasa, karena jauh-jauh hari telah dilakukan persiapan termasuk di dalamnya kebutuhan logistik.

Melihat dari jumlah calon yang ikut bersaing dalam pilkel tersebut sebanyak 40 orang, satu orang diantaranya calon perbekel perempuan di Desa Bondalem, yaitu Ni Ketut Adriani.

Sementara untuk perbekel incumbent yang kembali maju ikut nyalon yakni Putu Arya Suyasa (Desa Sangsit), Made Arka (Desa Tukadmungga), Made Suteja (Desa Dencarik) serta Ketut Sudiarsana (Desa Pangkung Paruk) dan Made Gelgel (Desa Tukad Sumaga).

Dari data yang dihimpun Dewata News.com,  jumlah pemilih di sebelas desa sebanyak 53.979 orang, jumlah pemilih terbanyak ada di Desa Bondalem 11.226 pemilih tersebar di 23 TPS, menyusul Desa Sangsit 7.787 pemilih dari 15 TPS yang tersedia, Desa Tukad Sumaga 10 TPS dengan jumlah pemilih 5.146 orang.

Desa lainnya jumlah pemilih dibawah 5.000 meliputi Desa Pangkung Paruk, Sidatapa, Tukadmungga, Dencarik, Sepang Kelod dan Desa Sembiran dengan jumlah TPS keseluruhan 103 tempat pemungutan suara.

Untuk memastikan keamanan dalam rangka Pilkel di Desa Tukadmungga, Kapolsek Singaraja Kompol A.A. Wiranata Kusuma, SH, MM melakukan pemantauan serta pengecekan jumlah maupun kelengkapan personil yang melaksanakan pengamanan di tiap-tiap TPS, sekaligus memberikan himbauan kepada personil untuk selalu waspada dengan setiap gangguan-gangguan yang bisa saja terjadi.  (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 3350333760931037984

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item