Kembangkan Pertanian Berbasis Teknologi Nuklir, Pemkab Buleleng Tandatangani MoU Dengan BATAN

Buleleng, Dewata News. Com —  Duet kepemimpinan Buleleng Putu Agus Suiradnyana-Nyoman Sutjidra (PASS) menapaki periode kedua 2017-2022 ...


Buleleng, Dewata News. Com — Duet kepemimpinan Buleleng Putu Agus Suiradnyana-Nyoman Sutjidra (PASS) menapaki periode kedua 2017-2022 mempertajam sektor pertanian, sehingga berbagai upaya dilakukan, termasuk menjajaki Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) di Jakarta. Dalam hal ini, Bupati Putu Agus Suradnyana langsung mengunjungi Kantor BATAN pada bulan Juni 2017 lalu.
Jalinan kerjasama antara Pemkab Buleleng akhirnya disepakati setelah kunjungan tersebut, melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) bertempat di Halaman Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Jumat (11/08) malam.
Ditemui usai penandatanganan MoU, Kepala BATAN, Prof. Dr. Djarot Sulistio Wisnubroto menjelaskan, bahwa Bupati Buleleng dua bulan lalu mengunjungi kantornya dan berdiskusi, bagaimana meningkatkan komoditas, terutama buah-buahan di Buleleng. Bagaimana membasmi hama pada buah-buahan. Ditawarkanlah teknologi yang bernama iradiator.
Menurut Djarot Wisnubroto, iradiator gamma merupakan suatu alat pada teknologi nuklir yang sudah lazim digunakan di berbagai negara dan aman. Saat ini, Indonesia sudah membangun teknologi tersebut di Serpong, Tangerang.
”Teknologi tersebut bisa digunakan dan bisa dimanfaatkan. Bisa jadi teknologi tersebut dibangun di Buleleng. Teknologinya bagus, misalnya untuk ekspor buah ataupun domestik,” jelasnya.
Mengenai kerjasama dengan Buleleng, Djarot mengatakan kalau memang itu pertanian yang menjadi fokus utama pembangunan di tahun 2018, seperti pertanian padi, BATAN memiliki banyak varietas unggul yang produktivitasnya banyak dan juga rasanya enak.
Selain itu, untuk buah-buahan, agar tahan lama memamakai teknologi radiasi. Teknologi yang akan di sharejuga tentang radiasi untuk pengolahan buah-buahan. “Nanti kami akan bantu Kabupaten Buleleng dalam mengembangkan pertanian melalui teknologi nuklir ini,” ujar Djarot.
Sementara itu, Bupati Agus Suradnyana mengungkapkan rencana kerjasama ini sudah di setting sejak lama dengan Undiksha. Pemkab Buleleng yang dipimpin langsung Bupati Agus Suradnyana juga sudah melihat langsung pemanfaatan nuklir untuk kesehatan, pertanian untuk pasca panen serta benih-benih unggulan. Ke depan, sesuai dengan konsep untuk memajukan pertanian di Kabupaten Buleleng, kerjasama ini bisa bermanfaat.
 “Malam ini kami tandatangani MoU dengan BATAN. Mudah-mudahan kerjasama ini bermanfaat untuk masyarakat. Pak Kepala BATAN juga sangat mendukung,” ungkapnya.
Bupati PAS, sapaan akrab Putu Agus Suradnyana berharap pembangunan teknologi iradiator gamma  lagi satu bisa dibangun di Buleleng. (DN ~ TiR).

Berita Terkait

Kabar Buleleng 2021542381055993099

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item