Di Buleleng, Lomba Gerak Jalan ”Kemerdekaan” Diawali 8 Km Tingkat SD

Buleleng, Dewata News. Com —  Lomba gerak jalan ”Kemerdekaan” merupakan tradisi di Kabupaten Buleelng setiap memperingati HUT Proklamas...


Buleleng, Dewata News. Com — Lomba gerak jalan ”Kemerdekaan” merupakan tradisi di Kabupaten Buleelng setiap memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI dan untuk tahun 2017 diawali dengan peserta tingkat SD dengan rute tempuh 8 Km, yang pelepasan keberangkatan peserta dilakukan oleh Wakil Bupati Buleleng, dr.I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, Selasa (08/08) siang.
 
Dijadikan tradisi, seperti diakui Ketua Umum KONI Kabupaten Buleleng Nyoman Arta Widnyana, karena sampai saat ini dibanding dengan kabupaten/kota di Bali, hanya Buleleng yang secara reguler melaksanakannya. Bahkan, tiap tahunnya jumlah peserta terus mengalami peningkatan, seperti ketika Indonesia memasuki usia Kemerdekaan ke-72 untuk kelompok tingkat SD pegang record mencapai 142 regu..
 
Karena itu, lanjut Koordinator  Lomba Gerak Jalan HUT RI I Gusti Lanang Agung Parwata  yang juga Wakil Ketua KONI Buleleng melaporkan, Pemkab Buleleng memberikan perhatian dengan meningkatkan besarnya nominal hadiah sebagai dana pembinaan peserta.
 
Sebagai gambaran peningkatan jumlah hadiah dan uang pembinaan, Koordinator  Lomba Gerak Jalan HUT RI, I Gusti Lanang Agung Parwata menyimak perbandingan tahun 2016 untuk tingkat SD (8Km) diikuti 125 regu, tingkat Remaja/SMP (8 Km) dengan peserta 38 regu , tingkat Putri Dewasa (17 Km) dengan peserta 49 regu dan Putra Dewasa (45 Km) diikuti 39 regu dengan total hadiah dan uang pembinaan Rp610 juta.
 
Sementara di tahun 2017 ini, lomba gerak jalan tingkat SD (8 Km) diikuti 142 regu, tingkat Remaja/SMP (8 Km) diikuti 39 regu, tingkat Putri Dewasa (17 Km) diikuti 44 regu dan Putra Dewasa (45 Km) diikuti 47 regu. Khusus tingkat Dewasa Putra (45 Km), menurut Arta Widnyana, mulai tahun 2017 dibagi dua kelompok, yakni untuk kelompok SMA/Perguruan Tinggi (13 regu) dan kelompok Instansi/OPD maupun masyarakat (34 regu), dengan total hadian dan uang pembinaan Rp710 juta. ”Ada peningkatan jumlah hadiah dan uang pembinaan untuk para juara lagi Rp100 juta,” imbuhnya.
 
Selain adanya peningkatan jumlah hadiah dan uang pembinaan, dilaporkan Ara Widnyana, untuk lomba gerak jalan Putra Dewasa, 45 Km yang tahun-tahunsebelumknya dimulai dari Desa Musi, tapi tahun ini dimulai dari lapangan Desa Celukan Bawang. Begitu juga etape pertama di Lapangan Seririt dan etape di kawasan wisata Lovina menuju garis finish di Jalan Udayana, Singaraja.
 
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Sutjidra mengatakan, lomba gerak jalan merupakan hal yang positif, karena selain berolahraga menjaga kesehatan, di dalamnya terkandung juga rasa kebersamaan, kekompakan, semangat dan jiwa sportivitas. Hal yang terpenting menurutnya adalah upaya membangun mental dan karakter anak-anak  bangsa yang berpekerti dan berbudi luhur, sehingga menjadi harapan masa depan bangsa.
 
Sebagai Hiburan
Dimulainya kegiatan Lomba Gerak Jalan yang diawali dengan tingkat SD dengan jarak tempuh 8 Km, setelah dilepas keberangkatannya di depan Sekretariat KONI Buleleng, Jalan Udayana Singaraja, pukul 13.00 Wita para peserta anak-anak SD menyusuri Jalan Ngurah Rai-Jalan Pramuka-Jalan Diponegoro-Jalan Erlangga-Jalan Gajahmada-Jalan Veteran-Jalan Pahlawan-Jalan Sudirman-Jalan A.Yani hingga simpang empat Hotel Garuda New-Jalan Dewi Sartika Selatan,                                               Jalan Udayana dan berakhir di garis finish di depan Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja.
 
Kegiatan Lomba Gerak Jalan tingkat Anak-Anak/SD – 8 Km di seputaran Kota Singaraja membuat arus lalu-lintas ”pamer paha” (padat merayap tanpa harapan). Kendati demikian, tidak mengganggu kelancaran para peserta yang jumlahnya ratusan regu itu, berkat kesigapan dari anggota Satuan Lalu Lintas Polres Buleleng melakukan pengaturan arus lalu-lintas.
 
Disisi lain, adanya kegiatan Lomba Gerak Jalan ”Kemerdekaan” ini dijadikan sebagai hiburan oleh warga masyarakat Kota Singaraja. Mereka duduk di pinggir jalan menanti dan memberikian semangat kepada para peserta yang lewat di depannya.
 
Adapun total hadiah  yang diperebutkan dalam lomba gerak jalan 8 Km tingkat SD tahun ini, termasuk dana pembinaan, adalah sebesar Rp194.000.000 dari total hadiah dan uang pembinaan Lomba Gerak Jalan Tahun 2017 sebesar Rp710 juta.
 
Untuk Juara I selain memperoleh Piala Tetap, Piagam dan Hadiah Uang sebesar Rp15 Juta, Juara II memperoleh Piala Tetap, Piagam dan Hadiah Uang sebesar Rp12 juta, Juara III memperoleh Piala Tetap, Piagam dan Hadiah Uang sebesar Rp10 juta. Sementara untuk Juara Harapan I memperoleh Piagam dan Hadiah Uang sebesar Rp8 juta, Juara Harapan II memperoleh Piagam dan Hadiah Uang sebesar Rp7 juta, dan Untuk Juara Harapan III memperoleh Piagam dan Hadiah Uang sebesar Rp6 juta.  (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 5426756944608706674

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item