Deputi Kemenko PMK Cek Kesiapan Buleleng Wujudkan Prodi Kedokteran dan Kawasan Sukarno Heritage - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/6/17

Deputi Kemenko PMK Cek Kesiapan Buleleng Wujudkan Prodi Kedokteran dan Kawasan Sukarno Heritage


Buleleng, Dewata News.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng sangat serius untuk menggarapa dua kegiatan besar dalam bidang seni budaya pariwisata dan pendidikan. Dua kegiatan tersebut adalah upaya pendirian Prodi Kedokteran dan juga pencanangan kawasan promosi Sukarno Heritage.
 
Dalam rangka meninjau persiapan tersebut, Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI, Prof. DR. R. Agus Sartono mengunjungi langsung sarana dan prasarana penunjang, Minggu (06/08).
 
Agus Sartono didampingi oleh staf, Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG dan Rektor Undiksha, DR. Nyoman Jampel, M.Pd.
 
Ditemui usai peninjauan, Agus Sartono menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya ke Buleleng. Dengan kedatangan ini, dirinya ingin memastikan upaya Undiksha untuk memperjuangkan berdirinya Prodi Kedokteran.
 
Ia melihat dari berbagai infrastruktur dan jumlah SDM pengajar, nampaknya Undiksha sudah sangat siap. Apalagi melihat RSUD Buleleng, dimana menurutnya, dukungan Pemkab Buleleng terhadap teaching hospitalyang sudah mendapatkan akreditasi paripurna.
 
“Artinya tidak hanya infrastruktur pendidikan tapi teaching hospital juga sudah siap. Jadi saya kira ini suatu momen yang penting untuk segera mendorong Fakultas Kedokteran bisa berproses karena Fakultas Kedokteran ini sangat diperlukan di Bali Utara,” jelasnya.
 
Selain itu, dirinya mengungkapkan peninjauan ini sebagai persiapan kedatangan Menko PMK, Puan Maharani untuk menghadiri konferensi internasional dan juga pencanangan Kawasan Promosi Sukarno Heritage setelah Perayaan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) di Makassar.
 
Mengenai Kawasan Promosi Sukarno Heritage, merupakan sebuah komitmen yang besar dari Bupati dan Wakil Bupati Buleleng untuk membangunnya. Ia melihat di Bale Agung, founding father cikal bakalnya dari sana. Bagaimana dulu ibunda Sukarno berasal dari Bale Agung dan Sukarno Heritage penting untuk dibangun. Pembangunan ini menjadi sangat penting agar generasi muda mengenal sejarah sebagaimana pesan Bung Karno “Jangan Melupakan Sejarah”.
 
 “Bayangan saya itu, Kawasan RTH Taman Bung Karno menjadi tempat untuk even-even internasional. Justru bagi saya yang sangat mengagumkan bagaimana manajemen Bapak Bupati dan wakil Bupati dengan PAD yang terbatas, mampu melakukan pembangunan yang sangat bagus,” ungkap Agus Sartono.
 
Sementara itu, Wabup Sutjidra yang mendamping Agus Sartono mengatakan dari Pemkab Buleleng sudah menyiapkan seluruh keperluan guna mendirikan Prodi Kedokteran khususnya untuk praktek di RSUD Kabupaten Buleleng dimana RSUD Kabupaten Buleleng sudah memenuhi syarat sebagai Rumah Sakit (RS) Pendidikan. Pimpinan daerah khususnya BUpati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST sangat mendukung adanya Prodi Kedokteran. “Kami sudah dukung secara maksimal melalui RSUD Kabupaten Buleleng sebagai RS Pendidikan,” katanya.
 
Dirinya menambahkan sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Deputi, kendala administrasi sudah dapat diselesaikan. Tinggal menunggu visitasi dari Kemeristekdikti. Pihak Undiksha pun telah menyatakan kesiapannya untuk menghadapi visitasi tersebut. “Dalam waktu dekat kemungkinan bisa diselesaikan. Harapan kita semua agar tahun depan bisa menerima mahasiswa dan kami minta doa restu dari seluruh masyarakat Buleleng,” imbuhnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com