6 Finalis 3 Karya Tulis Terbaik Pejabat Eselon III dan IV Pemprov Bali Paparan Dihadapan Gubernur Bali

Denpasar, Dewata News. Com -  Guna mengetahui potensi kompetensi kemampuan dan ketrampilan bawahannya  pada level pejabat eselon III da...


Denpasar, Dewata News. Com - Guna mengetahui potensi kompetensi kemampuan dan ketrampilan bawahannya  pada level pejabat eselon III dan IV dilingkungan Pemprov Bali, Gubernur Bali Made Pastika mendengarkan pemaparan karya tulis para finalis yang karyanya terpilih masuk seleksi 3 besar dari masing-masing kedua level tersebut, yang dilaksanakan di ruang rapat Gubernur Bali, Selasa (1/8). 

Salah satu finalis pada level eselon III yang karyanya terpilih masuk 3 besar dan berkesempatan dipaparkan dihadapan orang nomor satu di Bali itu, yakni I Ketut Sukra Negara, S.Sos.,M.Si yang bertugas di Dinas Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali dengan karyanya berjudul E-Learning mewujudkan PNS yang smart menuju Bali Mandara. Melalui karyanya tersebut, Sukra Negara menjelaskan peningkatan kompetensi para PNS yang merupakan hak setiap PNS melalui pendidikan dan latihan masih jauh dari layak. Hal ini diantaranya terkendala oleh kondisi jumlah PNS saat ini yang mencapai 14 ribu orang hanya untuk lingkungan Pemprov Bali belum termasuk Pemkab/Pemkot se Bali, yang tentunya tidak akan bisa memberikan peluang bagi setiap PNS untuk mendapatkan diklat secara optimal. Hal lainnya yang menjadi kendala yakni terbatasnya anggaran, sarana dan prasarana yang belum memadai, tingginya beban kerja Widyaiswara dan lain sebagainya. Berdasarkan pengalaman yang dirasakannya secara langsung itulah, Ia menggagas satu sistem pendidikan dan latihan (Diklat) Jarak jauh (DJJ) berbasis IT yang bisa diakses melalui smart phone maupun secara online oleh para pesertanya tanpa harus hadir diruang diklat, sehingga bisa sangat menghemat waktu dan biaya, serta yang terpenting para peserta bisa melaksanakan diklat tangpa harus meninggalkan pekerjaannya.


Sementara itu, salah satu finalis dari level pejabat eselon IV yang karyanya juga berhasil terpilih masuk 3 besar yakni I Ketut Yadnya Winarta, SS.,M.Par, yang bertugas di Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali dengan karyanya berjudul Aplikasi Gatra Mandara, Publikasi Cepat Ciptakan PNS Yang Smart. Menurut Yadnya Winarta, kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dibendung, setiap orang harus bisa mengikutinya, karena tak hanya membawa dampak positif, kemajuan ini tanpa disadari juga membawa dampak negatif, khususnya apabila dikaitkan dengan pemerintahan, dimana kemajuan teknologi dimanfaatkan oleh segelintir orang yang tidak mendukung pemerintahan untuk menebar berita yang tidak sesuai kenyataan yang cendrung akan merusak citra pemerintah yang sudah berjuang untuk mensejahterakan masyarakat. Melihat dinamika yang berkembang inilah, Yadnya Winarta merancang satu aplikasi berbasis online yang kebetulan saat ini sudah berjalan dan bisa diakses secara langsung oleh setiap orang yang ingin mendapat informasi tentang Pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi Bali dengan cara mengunduh aplikasi dan memasang di masing-masing smart phone yang dimiliki. Ia mengklaim, aplikasi ini memuat berita yang faktual, berimbang, dan mudah diakses. Tak hanya itu, bagi jajaran PNS dilingkungan Pemprov Bali, dengan mengunduh dan membaca setiap berita yang dipublikasikan maka akan bisa mengetahui setiap kebijakan baru yang diterapkan pimpinan dan atau bisa mengetahui kemana arah program pembangunan yang dilaksanakan, dengan sangat cepat karena berita sudah bisa diakses dengan selang beberapa  waktu dari kegiatan tersebut berlangsung. hal ini jauh lebih cepat daripada menunggu untuk membaca koran yang terbit keesokan harinya. Dengan begitu, setiap OPD pun bisa mendapat informasi yang cepat, dan bisa langsung melaksanakan kebijakan yang diberikan pimpinan. Pada kesempatan ini Ia juga minta agar setiap OPD bisa memanfaatkan fungsional kehumasannya untuk mengirimkan berita mengenai kegiatan OPD sehingga bisa diketahui oleh OPD lain dengan cepat.
   
Gubernur Bali, Made Mangku Pastika seusai mendengarkan paparan seluruh finalis menyampaikan apresiasinya terhadap keenam karya tulis yang berbasis IT tersebut, yang menurutnya sangat sempurna, sangat bermanfaat dan bisa segera diaplikasikan guna mendukung roda pemerintahan di lingkungan Pemprov Bali. “Teknologi saat ini merupakan trend dunia, kalau kita ingin maju, ya harus dikejar, apa lagi dengan teknologi banyak penghematan yang bisa dilakukan baik segi tenaga maupun biaya,” cetus Pastika seraya memerintahkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bali segera membuat surat edaran kepada seluruh PNS dilingkungan Pemprov Bali untuk mengunduh aplikasi dalam karya tulis tersebut yang sudah bisa dimanfaatkan seperti aplikasi Gatra Mandara. Sementara untuk aplikasi yang masih dalam bentuk rancangan, Gubernur Pastika memerintahkan untuk segera disempurnakan dan segera direalisasikan dalam tempo waktu sesingkat-singkatnya. “Saya rasa semua yang menyusun karya tulis ini pasti sudah terbayang rancangan aplikasinya, jadi segera sempurnakan dan realisasikan untuk mendukung pekerjaan kita. Karena saya melihat ini semua bisa diaplikasikan, bukan sekedar teori di awang-awang,” ujar Pastika.

Terkait penilaian, Gubernur Pastika pun menyatakan keenam karya tersebut merupakan karya terbaik dan sepatutnya menjadi nomor 1 karena disesuaikan dengan pekerjaan masing-masing. “Kalau bisa semua nomor 1, coba bagaimana kita membandingkan kelebihannya, karena kan sesuai bidang masing-masing. Sekarang ya kita hanya bisa lihat dari penerapannya kedepan, bisa apa tidak melaksanakan,” imbuh Pastika seraya menyerahkan penilaian selanjutnya kepada Tim Penilai.

Finalis lain yang karyanya masuk 3 besar yakni untuk pejabat eselon III masing-masing I Gusti Ngurah Putra Wiradnyana,ST,MT dengan karyanya berjudul Sistem Pembinaan dan Pengawasan Melalui Data Terpadu (Si Pembawa Madu) dan Gede Pramana, ST.,MT dengan karya Sistem Informasi Terpadu Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, serta dari pejabat eselon IV yakni Bambang Satriawan S.Kom dengan karya Digitalisasi Standar Satuan Harga Untuk Optimalisasi Penyebarluasan Informasi dan Perubahan Pola Kerja dan I Made Agus Asta Panca, S.STP,M.Par dengan karyanya berjudul E-Kinerja Solusi Peningkatan Kinerja ASN.  

Berita Terkait

Breaking News 6742615995842400825

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item