Wakil Bupati Bangli Buka Orientasi Peningkatan Manajemen Kesehatan Sekolah Bagi Tpuks Kecamatan Dan Sekolah

  Bangli, Dewata News. Com - Dalam upaya meningkatkan pengetahuan, pembinaan serta pengembangan Trias UKS yang tercermin dalam prilaku ...

 
Bangli, Dewata News. Com - Dalam upaya meningkatkan pengetahuan, pembinaan serta pengembangan Trias UKS yang tercermin dalam prilaku hidup bersih dan sehat di tingkat kecamatan dan sekolah di Kabupaten Bangli, Selasa (4/7) di gelar acara Orientasi Peningkatan Manajemen Kesehatan Sekolah TPUKS Kecamatan dan Sekolah. Acara yang di pusatkan di Ruang Pertemuan Hotel Segara Desa Kedisan di hadiri oleh Wakil Bupati Bangli, Kepala Bagian Kesra Kabupaten Bangli, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bangli diikuti oleh Peserta dari TPUKS kecamatan dan Sekolah se-Kecamatan Kintamani dengan narasumber dari dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli, Departemen Agama dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangli.
Kepala Bagian Kesra Jero Penyarikan Widata S.Ag.M.Si menyampaikan kegiatan Orientasi Peningkatan Manajemen Kesehatan Sekolah TPUKS Kecamatan dan Sekolah didasari oleh peraturan Daerah Kabupten Bangli Nomor 14 Tahun 2016, tentang Anggaran pendapatan dan belanja Daerah. Peraturan Bupati Bangli No. 49 Tahun 2017 tentang penjabaran anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah. Keputusan Bupati Bangli no. 441.5.05/813/2016 tentang Tim Fasilitas peningkatan manajemen sekolah tahun anggaran 2017 serta DPA No. 4.01.03/1336/DPA/2016 tanggal 30 Desember 2016. 
Lanjut pelaksanaan orientasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Trias UKS Bagi tim Pembina UKS kecamatan dan sekolah di kabupaten Bangli, meningkatkan kompetensi manajemen kesehatan sekolah bagi pengelola UKS serta meningkatkan pemahaman pengelola UKS dalam menentukan arah bagi pelaksanaan UKS di sekolah. Pelaksaana orietasi diikuti oleh 44 orang dari unsur TPUKS se-Kabupaten Bangli sebanyak 12 orang dan tim pelaksana UKS disekolah 32 orang. Dengan narasumber Tim Pembina UKS Provinsi Bali, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli dan Kementerian Agama Kabupaten Bangli dengan sumber dana APBD Kabupaten Bangli.
Sementara itu Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta,SE dalam sambutanya menyampaikan keberhasilan pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah (UKS) terlihat dan tercermin pada perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik. Hal ini merupakan dampak dari pembinaan dan pelaksanaan program UKS di semua jenjang dan jenis pendidikan dimulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA. Program peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi peserta didik perlu dilakukan sedini mungkin secara terpadu, terencana, terarah dan terkoodinasi dari empat (4) kementerian terkait, mulai dari tingkat pusat sampai daerah serta melibatkan kerjasama dengan stakeholder. 
Dijelaskan juga UKS merupakan wahana untuk mengembangkan kepedulian sesam dengan lingkungan sejak dini yang diintegrasikan dengan kearifan local yang memilikin nilai-nilai universal dan strategis sebagai konsep dasar bersinerginya pelaksanaan trias UKS dengan Tri Hita Karana dalam mencapai target Visi Kabupaten Bangli yaitu “Membumikan Ajaran Tri Sakti Bung Karno untuk mewujudkan Masyarakat Bangli yang Gita Santi” Jelasnya. Ditambahkan lagi menjaga kesehatan dimulai di lingkungan sekolah bukan hannya pada perbaikan fisik sekolah, namun lebih menekankan pada perubahan perilaku warga sekolah untuk mmendukung program UKS menjadi penting karena memuat kegiatan tentang pendidikan kesehatan. 
“Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat mewujudkan sasaran sekaligus menciptakan terobosan baru agar UKS menjadi kebutuhan bersama dan kedepan dapan memberi solusi terbaik termasuk upaya-upaya yang layak untuk menciptakan masyarakat sekolah yang bersih dan sehat” terang Sedana Arta. 

Berita Terkait

Kabar Bangli 7620236220977090193

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item