Peringatan Hari Koperasi Ke-70 di Tabanan. Koperasi Dituntut Untuk Semakin Kuat

Tabanan, Dewata News. Com -  Di era globalisasi, keberadaan koperasi masih sangat relevan. Pada usianya yang ke-70 koperasi masih eksis...


Tabanan, Dewata News. Com - Di era globalisasi, keberadaan koperasi masih sangat relevan. Pada usianya yang ke-70 koperasi masih eksis dan menunjukkan perannya sebagai soko guru perekenomian bangsa dan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam mendorong  pertumbuhan ekonomi masyarakat. Melalui momen Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke-70 diharapkan koperasi semakin tumbuh kuat sebagai gerakan ekonomi rakyat yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hal tersebut diungkapkan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa pada acara HUT Koperasi  ke 70, di Wantilan Taman Kemah Margarana, Kamis (20/7). 

“Tema Peringatan Hari Koperasi ke 70 tahun 2017 adalah 'Koperasi Menuju Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Yang Berkeadilan Untuk Memperkokoh NKRI', yang mengandung tekad dan semangat agar koperasi semakin tumbuh kuat, mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, mampu bersaing dan memberikan kontribusi positif pada era ekonomi global,” ungkapnya. 

Dikatakannya di usia ke 70 ini banyak koperasi yang telah maju dan memberikan manfaat bagi anggota serta masyarakat sekitarnya.

“Koperasi-koperasi tersebut memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, dan pemerataan pendapatam sehingga kesenjangan ekonomi dapat dikurangi,” tegasnya. 

Pihaknya  menyadari masih banyak permasalahan yang dihadapi koperasi, seperti kesulitan permodalan dan persoalan organisasi lainnya. Namun ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi untuk menjadi lebih baik lagi. 

“Semua itu merupakan tantangan yang harus kita hadapi untuk mewujudkan amanat UUD 1945 pasal 33 yang menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama yang berdasar asas kekeluargan. Bangun usaha yang sesuai dengan itu adalah koperasi,” imbuhnya 

Sementara itu, ketua panitia I Nyoman Natia yang juga selaku manajer KUD Penebel dalam laporannya menyampaikan tujuan dari  penyelenggaraan HUT Koperasi ini selain untuk mengingat Hari Lahirnya Koperasi Nasional adalah sebagai momentum agar semua pihak bersama-sama dapat mendukung perekonomian untuk terus maju. 

“Mari bersama-sama kita dukung Koperasi untuk terus maju dan berkembang, dengan begitu dapat meningkatan kesejahteraan masayrakat. Koperasi juga dapat menciptakan tenaga kerja yang berfungsi meningkatkan perkembangan anggota koperasi maupun perkembangan masyarakat khususnya Kabupaten Tabanan,” ujarnya. 

Natia mengatakan sampai saat ini di Kabupaten Tabanan terdapat 555 koperasi yang tersebar di 10 kecamatan. Tak lupa Natia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik. 

“Terima Kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar,” imbuhnya. 

HUT Koperasi Ke 70 Tabanan ini dibuka oleh Sekda Kabupaten Tabanan. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tabanan AA Gede Dalem Tresna Ngurah, OPD terkait, para Camat,  serta pihak Dekopinwil yang diwakili oleh Bapak I Ketut Widartha. Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah kepada koperasi terbaik tahun 2017. Terdapat 3 kategori yakni; Koperasi Jenis KSP/USP , Koperasi Fungsional dan Koperasi Jenis Konsumen. Sebelumnya Puncak  Hari Koperasi Nasional sudah dilaksanakan, di Kota Makasar oleh Dekopin Nasional pada tanggal 12 juli 2017.

Berita Terkait

Kabar Tabanan 1173886897352641690

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item