Dorong Peran Aktif Kader PKK, Ayu Pastika Lakukan Pembinaan ke Kabupaten/Kota

Klungkung, Dewata News. Com -  Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika   men...


Klungkung, Dewata News. Com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika mendorong peran aktif kadernya dalam menyukseskan dan ikut mendukung pelaksanaan program pembangunan. Untuk itu, dia mengingatkan agar kader PKK menyusun program yang lebih difokuskan pada upaya peningkatan kesejahteraan keluarga. Harapan itu diutarakannya saat melakukan pembinaan di Kabupaten Klungkung, Selasa (11/7).

Lebih jauh dalam pengarahannya, Ayu Pastika mengatakan bahwa kegiatan pembinaan merupakan amanat Rakernas PKK. Kegiatan yang dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi, penguatan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat dalam melaksanakan 10 program pokok PKK. Lebih dari itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui berbagai hambatan dan persoalan yang dihadapi kader dalam melaksanakan berbagai program serta membantu mencarikan solusi. “Kami juga ingin mengetahui sejauh mana pelaksanaan program unggulan yang telah dirancang dalam program kerja,” ujarnya di hadapan kader TP PKK Kabupaten Klungkung.

Pada bagian lain, istri orang nomor satu di Bali ini mengingatkan bahwa pelaksanaan 10 program pokok PKK sudah memiliki payung hukum. “Itu artinya PKK merupakan organisasi yang sah dan hal ini harus diketahui oleh kader hingga ke tingkat desa agar mereka mampu menjelaskan saat terjun ke tengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Ayu Pastika juga menyampaikan apresiasi karena selama ini kader PKK Kabupaten/Kota se-Bali telah bekerja keras dan mampu mencetak berbagai prestasi. Dalam Lomba 10 Program Pokok PKK yang digelar setiap tahunnya, Bali hampir tak pernah absen meraih juara. Yang menggembirakan, tahun ini Bali memperoleh 5 penghargaan sekaligus yaitu Pakarti Utama I untuk lomba PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) kategori kota dan Pakarti Utama II lomba Posyandu. Selain itu, Bali juga meraih Pakarti Madya I untuk lomba PHBS kategori kabupaten, Pakarti Madya II untuk PKK-KB-Kesehatan dan Pakarti Madya III untuk lomba Lingkungan Bersih dan Sehat. Berbagai prestasi yang telah diraih diharapkan tak membuat kader PKK berpuas diri dan berhenti melaksanakan berbagai terobosan. Sebaliknya, capaian ini hendaknya menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny.Ayu Suwirta mengatakan bahwa pihaknya telah mengambil sejumlah langkah untuk meningkatkan kualitas kelembagaan dan mendukung berbagai program pembangunan. Selain mengoptimalkan pemanfaatan berbagai sumber daya yang dimiliki, TP PKK Klungkung juga rutin melaksanakan sosialisasi 10 program pokok ke desa/kelurahan serta melaksanakan orientasi dan pelatihan. “Kami juga memanfaatkan teknologi informasi untuk mengefektifkan penyebaran informasi kepada para kader,” ujarnya. Sehari sebelumnya, TP PKK Provinsi Bali telah mengawali pembinaan di Kabupaten Karangasem. Pada pembinaan di Karangasem, Ny.Ayu Pastika diwakili Wakil Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny.Dayu Sudikerta. Selanjutnya pembinaan juga akan dilakukan secara marathon ke tujuh kabupaten/kota lainnya.

Berita Terkait

Breaking News 6024871700192401543

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

BALINESIA FACE 2017

BALINESIA FACE 2017

YURA Shop

Populer

item