Dorong Peningkatan Produk Pertanian, Perusda Bali Jalin MoU Dengan PT. Bintang Mandiri Sejahtera

Denpasar, Dewata News. Com -  Dalam rangka meningkatkan kuantitas maupun kualitas produk pertanian di Bali maka Perusahan Daerah (PERUS...


Denpasar, Dewata News. Com - Dalam rangka meningkatkan kuantitas maupun kualitas produk pertanian di Bali maka Perusahan Daerah (PERUSDA)  Provinsi Bali  menjalin kerjasama dibidang agribisnis yang dituangkan kedalam Kesepakatan Bersama “Memorandum of Understanding” (MoU) dengan PT. Bintang Mandiri Sejahtera Ind, bertempat di Kantor Perusahan Daerah Provinsi Bali, Senin (17/07).

Direktur Utama Perusahan Daerah Provinsi Bali Nyoman Bhaskara, mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan kerjasama dengan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang agribisnis tersbeut, untuk mengembangkan kualitas produk pertanian singkong. Seperti yang diketahui bahwa singkong memiliki banyak manfaat seperti bahan energi, pakan ternak khususnya babi, serta diolah menjadi tepung tapioka. Menurutnya, di Bali masih banyak terdapat lahan-lahan “tidak berpengairan secara teknis” yang belum dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian secara optimal. Untuk itu, diharapkan  pertanian singkong yang akan dilakukan oleh PT. Bintang Mandiri Sejahtera dengan para kelompok-kelompok tani di Bali akan dapat memanfaatkan lahan-lahan tersebut dan nantinya menghasilkan produk pertanian singkong serta produk integrasi lainnya dengan baik. sealin itu, Ia juga menjelaskan bahwa bisnis tersebut akan memberikan keuntungan yang signifikan bagi para petani, dimana selain sebagai penyedia lahan, para petani juga akan mendapatkan bibit unggul dari singkong cassava untuk ditumbuh kembangkan dan nantinya bagi hasil akan dilakukan secara merata.

Disamping untuk para petani, Bhaskara menjelaskan bahwa bisnis tersbeut juga akan terintegrasi dengan para peternak babi dimana sisa hasil pengolahan singkong akan dijadikan pakan ternak babi yang memiliki kadar protein tinggi dan hal tersbeut akan memberikan manfaat bagi nutrisi babi tersebut. untuk mewujudkan hal itu, maka perusahaan ini akan membangun tiga pabrik di Bali yaitu pabrik pengolahan singkong, tepung tapioka dan pig meal (pakan babi). Sedangkan terkait lahan, perusahan tersebut membutuhkan lahan sekitar 3500 hektar, sedangkan Perusda sendiri baru memiliki lahan sekitar 1.800 hektar sedangkan kekurangannya, akan dilakukan sosialisasi lebih lanjut kepada para petani yang ada di Bali. Ia berharap, adanya jalinan kerjasama yang telah di tuangkan kedalam MoU ini tidak hanya pemberlakukan secara simbolis semata, namun PT. Bintang Mandiri Sejahtera benar-benar berkomitmen untuk mengembangkan usaha ini di Bali dan memberikan kontribusi nyata bagi para petani dan pembangunan Bali yang lebih baik kedepannya khususnya dalam bidnag pertanian.

Dalam kesempatan itu dilakukan penandatanganan MoU antara Direktur Utama Perusahan Daerah Provinsi Bali Nyoman Bhaskara dengan Direktur PT. Bintang Mandiri Sejahtera Ind Alex Yonathan E Tawas. Acara tersebut juga saksikan oleh Perwakilan dari Dewn Pengawan Perusda, Perwakilan Biro Perekonomian Setda Provinsi Bali serta undangan lainnya. 

Berita Terkait

Breaking News 7729566899938340181

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

BALINESIA FACE 2017

BALINESIA FACE 2017

YURA Shop

Populer

item