”Uleman” di Ngaben Massal Banjar Tegal, Bupati PAS me-”Punia” Rp10 Juta - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/16/17

”Uleman” di Ngaben Massal Banjar Tegal, Bupati PAS me-”Punia” Rp10 Juta


Buleleng, Dewata News.com — Memenuhi ”Uleman” (undangan) pada acara Ngaben Massal 2017 Banjar Pakraman Banjar Tegal, Buleleng, duet kepemimpinan Buleleng dua periode PASS (Putu Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra) langsung hadir, Kamis(15/06) pagi. Terlebih kawasan Kantor Bupati Buleleng dan Gedung Wanita Laksmi Graha ada di pawidangan (wilayah) Kelurahan Banjar Tegal, sehingga me-”punia” sebesar Rp10 Juta.
 
Bantuan uang sebesar Rp10 Juta yang diserahkan langsung Bupati PAS diterima Kelian Adat Banjar Pakraman Banjar Tegal Jro Mangku Putu Santra disaksikan Panitia dan seluruh pemilet (peserta) Ngaben Massal Banjar Pakraman Banjar Tegal, termasuk mantan Wakapolda Bali Brigjen Pol (Pur) Nyoman Suryasta.
 
Memenuhi ”bisik-bisik” Kelian Adat Banjar Pakraman Banjar Tegal,  Jmk. Putu Santra, Bupati PAS langsung kontak markas armada angkutan miliknya di Denpasar melalui handphone dan syukur pada saat diperlukan bisa membantu yang akan dipergunakan pada acara ”Majar-Majar” ke Catur Parahyangan dan Sad Kahyangan pada Sukra Wage Uye, Jumat (23/06) mendatang.
 
Selain itu, Bupati PAS memberikan pengelolaan 5 warung yang nantinya mengiuasi ruang taman hijau setelah dibongkarnya Gedung Laksmi Graha untuk menghidupakan UMKM di Kelurahan Banjar Tegal. Sementara gedung wanita Laksmi Graha nantinya dibangun bertinkat di gedung Kantor Satpol PP Kabupaten Buleleng saat ini.
 
Serangkaian acara Ngaben Massal Banjar Pakraman Banjar Tegal, Bupati PAS yang murah senyum ini memberikan apresiasi tinggi terhadap kekompakan warga krama Banjar Tegal, termasuk ketika Pilkada Buleleng 2017 yang memberikan suara peringkat ketiga di Kota untuk kemenangan PASS.
 
Bupati PAS berharapke kompakan dan harmonisasi warga dalam menyelenggarakan yadnya kepada leluhur yang telah dilakukan setiap lima tahun ini tetap dijaga dan ditingkatkan.
 
Seperti dilaporkan Kelian Adat Banjar Pakraman Banjar Tegal,Jmk.Santra, bahwa kegiatan acara Ngaben Massal seperti ini dilaksanakan setiap lima tahun, setelah tahun 2012 lalu, dan kali ini diikuti 32 sawa, di samping 62 Ngerapuh dan Ngelungah. Di samping itu, Panitia Ngaben Massal 2017 Banjar Pakraman Banjar Tegal juga melaksanakan Metatah Massal diikuti 22 orang.
 
Sebagai puncak acara Ngaben Massal dilaksanakan pada Sukra Pahing Matal – Jumat (16/06) mulai pukul 08.30 Wita di Setra Banjar Pakraman Banjar Tegal, dipuput Ratu Peranda Geria Mas, Liligundi dan Ida Pandita Mpu Nabe Penglatan. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com