Tingkatkan Sektor Pertanian, Buleleng Berencana Gandeng Batan

Jakarta, Dewata News.com — Pemerintah Kabupaten Buleleng tampaknya semakin serius untuk memajukan pertanian di kabupaten belahan Utara ...


Jakarta, Dewata News.com —Pemerintah Kabupaten Buleleng tampaknya semakin serius untuk memajukan pertanian di kabupaten belahan Utara Pulau Dewata itu.  Hal .ini terlihat dari rencana Pemkab Buleleng menjalin kerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dibidang pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir.

Seperti diketahui, BATAN adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan tenaga nuklir. Pengembangan potensi pengetahuan teknologi nuklir tidak lagi dominan pada aplikasi bidang energi namun telah meluas di bidang kesehatan, pertanian, dan Sumber Daya Alam (SDA).
 
Dengan demikian, Pemkab Buleleng ingin menggandeng BATAN melalui kerjasama untuk memanfaatkan tenaga nuklir sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat dibidang pertanian, seperti terungkap saat Pemkab Buleleng melakukan presentasi potensi kerjasama di Ruang Rapat Madya Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR), Jakarta Selatan, Jumat (16/06).
 
Persentasi dilakukan langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana didampingi Asisten I Setda Buleleng Made Arya Sukerta, dan Pimpinan OPD terkait. Rombongan Pemkab Buleleng diterima oleh Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir Hendig Winarno, seperti dilansirHumas Buleleng, bahwa Wakil Rektor bidang akademik Undiksha Prof. Dr. Ida Bagus Arnyana, M.Si. ikut dalam rombongan Pemkab Buleleng.
 
Bupati Putu Agus Suradnyana mengatakan, presentasi ini merupakan langkah awal Pemkab Buleleng untuk melakukan kerjasama dengan BATAN. Bupati Agus Suradnyana menjelaskan, radiasi gama ini sangat cocok dengan kondisi pertanian kita di Buleleng.
 
 ”Radiasi ini sangat banyak manfaatnya mulai dari menciptakan bibit yang baik sampai menghilangkan penyakit pada tanaman,” jelasnya.
 
Ia mengungkapkan pada bulan Agustus 2017 nanti akan diadakan penandatanganan kerjasama dengan BATAN, sehingga ia berharap dengan adanya kerjasama ini pertanian di Buleleng bisa meningkat. “Kalau sudah ada kerjasama ini, saya yakin pertanian kita akan maju bukan hanya satu langkah tapi langsung empat langkah kedepan,” ujarnya.
 
Sementara itu, Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir, Hendig Winarno mengatakan sangat menyambut baik rencana kerjasama yang akan dilakukan dengan Pemkab Buleleng. Hendig Winarto menambahkan, ada berbagai aplikasi teknologi nuklir yang digunakan di beberapa sektor kehidupan. Hal tersebut menilik kondisi dan permasalahan yang ada maka dibutuhkan solusi yang tepat sebagai upaya pemecahan masalah.
 
“Ternyata nuklir mampu menjadi solusi atas permasalahan-permasalahan yang timbul di beberapa sektor kehidupan salah satunya sektor pertanian,” kata Hendig.
 
Ia berharap, nantinya kerjasama ini bisa berjalan dengan baik sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat Buleleng.
 
Selain melakukan presentasi, rombongan Pemkab Buleleng yang dipimping Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengunjungi fasilitas radiator dan National Science Techno Park (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 4862431818284076854

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Pemerintah Provinsi Bali

Pemerintah Provinsi Bali

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item