LEPAS PAWAI PKB KE-39, MENDAGRI TJAHJO KUMOLO HARAP BALI BISA JADI INSPIRASI DAERAH LAIN - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/10/17

LEPAS PAWAI PKB KE-39, MENDAGRI TJAHJO KUMOLO HARAP BALI BISA JADI INSPIRASI DAERAH LAIN


Denpasar, Dewata News. Com - Pesta Kesenian Bali XXXIX, resmi dilepas oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali (Bajra Sandhi), Denpasar (10/6). Dengan didampingi oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, dan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, Tjahjo Kumolo mengapresiasi Bali yang hingga kini masih bisa menjaga adat dan budaya di tengah gempuran kehidupan modern. Untuk itu, Ia berharap agar daerah lain di Indonesia bisa menjadikan Pulau Dewata ini inspirasi dalam menjaga kearifan lokalnya. "Bali boleh maju, masyarakatnya boleh modern, tapi jangan pernah meninggalkan jati diri dan adat istiadatnya," imbuhnya. 

Selain itu, Ia juga mendorong daerah lain untuk terus mengembangkan destinasi pariwisata baru, karena itu juga merupakan program pemerintah pusat. "Namun harus bisa seperti Bali, di tengah pesatnya perkembangan pariwisata, masyarakatnya masih bisa memegang teguh kearifan lonkal," tandasnya.

Sementara Gubernur Bali dalam laporannya, PKB tahun ini mengangkat Tema "Ulun Danu": Melestarikan Air Sumber Kehidupan. Makna tema tersebut menurutnya merupakan kearifan lokal mengandung pengetahuan bagaimana kita semestinya memelihara, memuliakan dan mengelola air sebagai sumber kehidupan dan penghidupan serta sumber peradaban. Untuk materi pawai sendiri menampilkan potensi dan kekayaan seni masing-nasing Kabupaten/Kota se-Bali sebagai salah satu identitas penguat keragaman budaya Bali dalam melestarikan adat dan budayanya. 

Lebih lanjut Pastika melaporkan urutan pawai kali ini seperti biasa diawali dengan sajian tari "SIWA NATA RAJA", yang merupakan tari kebesaran PKB. Selanjutnya ditampilkan lambang Provinsi Bali serta barisan sembilan Tari Bali yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO. Untuk partisipan luar Bali kali ini, Pastika menjelaskan akan dimeriahkan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, serta partisipan luar negeri dari India dan Timor Leste. 

Sebagai penutup Pawai PKB kali ini adalah dari kelompok Marching Band Universitas Warmadewa, Denpasar. Di akhir pawai, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menpar Arief Yahya, Gubernur Pastika beserta segenap undangan VIP lainnya berkesempatan ikut menaiki mobil hias PKB dan mengelilingi areal Niti Mandala Renon.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com