Kunjungi Program Gerbangsadu di Desa Bukian, Pastika Inginkan Jumlah KK Miskin Terus Ditekan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/24/17

Kunjungi Program Gerbangsadu di Desa Bukian, Pastika Inginkan Jumlah KK Miskin Terus Ditekan


Gianyar, Dewata News. Com - Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen kuat untuk mengentaskan kemiskinan, salah satunya melalui program Gerakan Pembangunan Desa Terpadu ( Gerbangsadu) Mandara. Dimana dengan kucuran bantuan dana  sebesar 1 miliar 20 juta diharapkan dapat menggerakkan  ekonomi di pedesaan sehingga dapat  menurunkan tingkat  kemiskinan. Keberadaan program Gerbangsadu telah dirasakan betul manfaatnya bagi masyarakat,  salah satunya masyarakat Desa Bukian, Kabupaten Gianyar, dimana kucuran dana Gerbangsadu yang diterima pada tahun  2015  telah berhasil menurunkan jumlah KK miskin di desa tersebut walaupun belum terlalu signifikan yakni dari 700 KK menjadi 402 KK miskin saat ini. Demikian terungkap dalam kunjungan kerja Gubernur Bali Made Mangku Pastika ke  Bumdes Bukian yang terletak di Desa Bukian Kabupaten Gianyar, Sabtu (24/6). 

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Pastika menyampaikan apresiasinya atas kinerja dari kepala desa serta pengelola Bumdes sehingga bantuan dana  Gerbangsadu dapat memberi manfaat yang optimal bagi penurunan jumlah KK miskin yang ada di desa tersebut. Namun walaupun demikian, ia tetap meminta para perangkat desa untuk bekerja lebih keras lagi sehingga jumlah KK miskin tersebut mampu di tekan serendah – rendahnya. "Dari jumlah KK miskin mencapai 700 KK menjadi 402 KK sudah bagus, namun jika melihat kondisi dari wilayah Bukian ini yang bisa dibilang sangat subur seharusnya jumlahnya bisa ditekan lagi serendah – rendahnya, kalau bisa masksimal 100 KK saja,” tegas Pastika. 

Oleh karena itu, Gubernur Pastika meminta agar KK miskin yang tersisa  sebanyak  402 KK  tersebut segera dicari penyebab kemiskinannya dan diupayakan solusi  yang tepat sehingga nantinya jumlah KK miskin di desa Bukian menjadi berkurang dan kedepan diharapkan tidak ada lagi KK miskin di desa tersebut. Bukan hanya itu, keberhasilan Program Gerbangsadu tersebut nampaknya juga mempengaruhi sisi kreativitas dari masyarakat Desa Bukian tersebut. hal tersebut dibuktikan dengan suksesnya Kelompok Teknologi Tepat Guna Cipta Karya Desa Bukian menciptakan mesin pompa air tanpa menggunakan listrik atau BBM dan hanya menggunakan sistem kincir. 

Menurut Pastika hal tersebut sangat bagus dan layak untuk diberikan apresiasi dan kedepan ia mengharapkan alat tersebut mampu memberikan manfaat bagi masyarakat yang berada di wilayah – wilayah yang kesulitan air. “Nanti ini kita bisa coba di Nusa Penida di peguyangan itu, bisa mengurangi biaya ini dan ramah lingkungan, nanti kita sama – sama akan tinjau dan mencoba alat itu disana,” imbuhnya. 

Lebih lanjut dalam kunjungan tersebut, Pastika juga meminta agar aparat desa serta pemerintah kabupaten memberikan  perhatian lebih kepada para  lansia kurang mampu dan terlantar, mengingat keberadaan mereka  memerlukan bantuan serta perhatian dari pemerintah. Kedepannya Pemerintah Provinsi Bali juga mencanangkan akan menambah penganggaran bagi kaum lansia terlantar di Bali. "Kita beri  perhatian khusus  kepada para lansia terlebih lagi jika  lansia tersebut  terlantar dan tidak mampu. Koordinasikan dengan baik antara pemerintah desa, kabupaten dan Provinsi bantuan bagi para lansia tersebut, jangan sampai mereka hidupnya terlantar,"tuturnya.

Sementara itu Perbekel Desa Bukian I Made Junarta yang turut mendampingi Gubernur Pastika dalam kunjungan tersebut menyampaikan bahwasannya Bumdes yang ia kelola  telah berkembang dengan sangat baik. Dengan dana  gerbangsadu yang dikelola Bumdes tersebut pihaknya telah mampu mebangun beberapa usaha meliputi unit simpan pinjam, koperasi keliling, serta beberapa UMKM yang dikelola secara langsung oleh masyarakatnya. Oleh karena itu, pihaknya akan terus berusaha mengembangkan dana Gerbangsadu tersebut dalam upaya mengentaskan KK miskin yang ada di desanya. 

Dalam kesempatan tersebut, ia  juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Bali yang telah memberikan bantuan Gerbangsadu dan terbukti dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakatnya dan meningkatkan  kesejahteraan masyarakat. Dalam kunjungan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan sembako kepada para lansia di desa tersebut yang diserahkan langsung oleh Gubernur Pastika.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com