Cetak Generasi Sehat dan Cerdas, Ayu Pastika Edukasi Anak-Anak Agar Gemar Makan Ikan

Karangasem, Dewata News. Com -  Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika gen...



Karangasem, Dewata News. Com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika gencar melakukan edukasi dan kampanye agar masyarakat utamanya anak-anak lebih gemar makan ikan. Karena sejumlah hasil penelitian membuktikan bahwa ikan mengandung komposisi nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan. Ajakan itu disampaikan Ayu Pastika saat menghadiri Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dan Pemberian Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah (PMTAS) di Wantilan Dusun Tebola, Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Kamis (8/6).

Agar tak terkesan monoton, Ayu Pastika mengedukasi anak-anak melalui kuis interaktif. Pertanyaan seputar jenis ikan dan kandungan nutrisinya dijawab dengan antusias oleh anak-anak yang hadir dalam kegiatan itu. Terlebih, istri orang nomor satu di Bali ini memandu kuis dengan sangat atraktif diselingi humor yang mengundang gelak tawa anak-anak.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Provinsi Bali ini menilai, pola sosialisasi melalui kuis lebih efektif dan mudah dipahami oleh anak-anak. Dengan mengetahui nutrisi yang terkandung pada ikan, mereka diharapkan lebih gemar makan ikan sehingga lambat laun menjadi budaya.

"Sampai di rumah, bilang ke ibu masing-masing agar setiap hari menyediakan menu ikan. Tentunya jenis ikan yang mudah diperoleh di pasar dengan harga terjangkau. Boleh ikan air tawar atau ikan laut,"ujarnya. Agar lebih menggugah selera dan anak-anak tidak cepat bosan, para ibu juga diminta lebih kreatif dalam menyajikan olahan ikan.

Ke depannya, Ayu Pastika berkomitmen untuk lebih gencar melakukan sosialisasi dan edukasi GEMARIKAN. Sebab saat ini tingkat konsumsi ikan masyarakat Bali masih berada di bawah rata-rata nasional. Tingkat konsumsi ikan masyarakat Bali baru mencapai 32 kg perkapita/tahun, sementara rata-rata nasional telah mencapai 41kg perkapita/tahun. Padahal, ujar dia, Bali memiliki potensi perikanan yang cukup besar. Selain potensi alami, belakangan banyak pula jenis ikan konsumsi yang dibudidayakan. "Sehingga ikan dapat lebih mudah diperoleh dengan harganya terjangkau,"tandasnya.

Sementara itu, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali Ir. I Made Gunaja mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mengajak segenap lapisan masyarakat, khususnya anak-anak agar lebih gemar makan ikan. "Karena seperti kita ketahui, ikan mengandung komposisi nutrisi yang sangat baik bagi kecerdasan, kesehatan dan pertumbuhan anak," terangnya. Gunaja menambahkan, tahun ini pihaknya memilih wilayah pegunungan sebagai lokasi pelaksanaan GEMARIKAN. "Kita ingin sosialisasikan gerakan gemar makan ikan dari wilayah pesisir hingga pegunungan. Saya berharap ikan juga mudah ditemukan di pasar-pasar wilayah pegunungan,"imbuhnya.
Kegiatan yang diikuti 200 anak sekolah dasar ini juga diisi dengan pemberian makanan tambahan olahan ikan. Secara simbolis, Ayu Pastika menyuapi sejumlah anak.

Berita Terkait

Breaking News 6214761211166492651

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Pemerintah Provinsi Bali

Pemerintah Provinsi Bali

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item