Bupati Suwirta motivasi Peserta Pelatihan Menjarit

Klungkung, Dewata News. Com -  Disela-sela kunjungannya ke kantor-kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bupati Klungkung I Nyoman S...


Klungkung, Dewata News. Com - Disela-sela kunjungannya ke kantor-kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyempatkan diri menyapa dan memotivasi peserta pelatihan menjarit, Selasa (13/06/2017). Pelatihan menjarit bagi Ibu-ibu yang digelar Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Desa. 

Pelatihan yang digelar Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan berlangsung selama lima hari. Didampingi Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Ardiasa, Bupati Suwirta mendorong para peserta yang berjumlah 16 orang ini untuk berlatih secara sungguh sungguh demi peningkatan perekonomian dan taraf hidup masing masing peserta. Bupati Suwirta juga berharap setelah pelatihan ini, seluruh peserta untuk membangun sebuah kelompok jarit. Menurut Bupati Suwirta, dengan dibentuknya kelompok jarit ini,  maka akan semakin mudah dalam menjalankan sebuah usaha selain itu pemerintah juga akan dimudahkan dalam melakukan koordinasi maupun dalam pemberian bantuan alat usaha. 

“Setelah pelatihan ini jangan dilepas begitu saja, namun ditindak lanjuti dengan pengawasan dan pelatihan lanjutan sebagai upaya penguatan keterampilan dengan harapan mereka siap menjadi tenaga kerja yang handal,” ujar Bupati Suwirta. 

Kepada Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Bupati Suwirta meminta untuk saling koordinasi dengan OPD lain dalam menyusun program program yang sejenis. Jangan sampai masing masing OPD merancang program pelatihan yang sejenis dengan menyasar orang yang sama. Menurut Bupati Suwirta, cukup satu OPD yang menganggarkan pelatihan semacam ini. Saat ini Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi UKM dan Dinas Tenaga Kerja juga mengadakan pelatihan serupa. 

Sementara itu koordinator pelatihan menjarit, Ni Wayan Kariadi mengatakan pelatihan ini baru pertama kali diselenggarakan. Seluruh peserta yang berasal dari Ibu-ibu dari keluarga miskin ini tidak dipungut biaya. Dengan menghadirkan tiga orang instruktur pelatihan ini mengajarkan teknik dasar menjarit selama lima hari kedepan. “Semoga dengan pelatihan ini, para ibu-ibu ini bisa meningkatkan ekonomi keluarga,” ujar Kariadi. (DN - JiM)

Berita Terkait

Kabar Klungkung 9050584736412244081

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item