Bupati Suwirta Kukuhkan Forum Anak Daerah

Klungkung, Dewata News. Com -  Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengukuhkan Forum Pembentukan Anak Daerah  Kabupaten Klungkung Tahun ...


Klungkung, Dewata News. Com - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengukuhkan Forum Pembentukan Anak Daerah  Kabupaten Klungkung Tahun 2017. Pengukuhan ini disaksikan Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, Kepala Bidang Perlindungan Anak Provinsi Bali, Ida Ayu Candra, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ida Bagus Anom Adnyana. 

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi baik Forum Pembentukan Anak Daerah ini. Untuk itu Bupati berharap sekolah dan instansi pemerintah dapat lebih memperhatikan masalah anak, melalui sosialisasi dan bimbingan, sehingga kasus kekerasan anak dapat ditekan secara signifikan dari waktu kewaktu. Pengukuhan ini merupakan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan danPerlindungan Anak, tentang indicator Kabupaten/Kota Layak Anak yang mempunyai sistem pembangunan berbasisi hak anak, dengan program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak. 

“Untuk itu perlu membentuk wadah anak dalam rangka melindungi dan menjaga proses tumbuh kembang anak naik secara fisik, mental dan sosial,” ujar Bupati Suwirta di Ruang rapat Paraja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (13/06/2017).

Selain itu, Bupati juga menyampaikan Undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak pasal 4 mengamanatkan bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup tumbuh berkembang dan berpatisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. “Dengan dikukuhkannya Forum Anak Daerah ini dapat memberikan contoh yang baik menampung dan menyuarakan aspirasi anak di Kabupaten Klungkung untuk lebih baik,” harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ida Bagus Anom Adnyana mengatakan maksud dan tujuan Pembentukan Forum Anak Daerah ini sebagai wadah partisipasi anak untuk menampung aspirasi suara anak-anak berusia sebelum 18 tahun bekerjasama dengan Pemerintah dan berperan memberikan masukan dalam proses perencanaan, pemantauan serta evaluasi kebijakan program dan kegiatan pembangunan daerah yang bertujuan untuk mendorong supaya anak dapat aktif mengembangkan dirinya sesuai dngan potensi, minat, bakat dan kemampuan.

Untuk Forum Anak Daerah sebelumnya sudah melaksanakan beberapa kegiatan seperti mengadakan bakti sosial, sosialiasasi masalah bahaya obesitas dan tentang cuci tangan dan cara sikat gigi  yang benar. (DN - PsP)

Berita Terkait

Kabar Klungkung 4361003266478211580

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Pemerintah Provinsi Bali

Pemerintah Provinsi Bali

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item