Wujudkan Pengembangan Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial, BIG dan Pemkab Buleleng ”Teken MoU”

Bogor, Dewatanews. Com —    Demi mewujudkan Pengembangan dan pemanfaatan data dan informasi Geospasial di Kabupaten Buleleng, Pemerint...



Bogor, Dewatanews. Com —  Demi mewujudkan Pengembangan dan pemanfaatan data dan informasi Geospasial di Kabupaten Buleleng, Pemerintah Kabupaten Buleleng dan Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan MoU atau menandatangani naskah perjanjian kerjasama tentang Pembangunan Simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional di ruang rapat Gedung Kantor BIG Cibinong, Bogor, Selasa (23/05).
 
Naskah perjanjian kerjasama ini ditandatangani langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST dan Sekretaris Utama BIG, Titiek Suparwati didampingi Sekda Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka.MP.
 
Simpul Jaringan yang dimaksud adalah jaringan institusi yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan, pengumpulan, pemeliharaan, pemutakhiran, pertukaran dan penyebarluasan data spasial tertentu. Simpul jaringan yang direncanakan akan tersebar di seluruh wilayah Indonesia tersebut, kemudian akan saling terhubung melalui Ina-Geoportal.
Dalam kesepakatan antara Pemkab Buleleng dan BIG tertuang beberapa lingkup kerjasama antara lain, penyelengaraan informasi Geospasial, Peningkatan Kapasitas SDM dalam bidang informasi Geospasial, Penelitian dan pengembangan bidang informasi Geospasial dan teknologi aplikasi, Pemanfaatan bersama sarana prasarana di bidang Geospasial, dan berbagi pakai data dan informasi
 
Ditemui usai acara, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST menjelaskan, tujuan Kesepakatan Bersama ini untuk mengoptimalkan peran informasi geospasial untuk pembangunan di Kabupaten Buleleng.
 
Bupati Putu Agus Suradnyana yang akrab disapa PAS ini mengatakan, sangat mengapresiasi dan menyambut dengan baik terhadap kerjasama ini.
 
Selain itu, Bupati PAS berharap, pengembangan dan pemanfaatan data informasi Geospasial di Kabupaten Buleleng dapat terlaksana dengan baik, sehingga kedepannya dapat mempercepat pembangunan infrastruktur data spasial (IDS) dan memungkinkan semua pihak dapat untuk dapat mengakses informasi spasial yang lengkap, standar dan teliti secara mudah dan ekonomis, yang pada akhirnya menjadi jaringan informasi Geospasial Nasional.
 
”Saya berharap optimalisasi penyelenggaraan pembangunan berbasis data informasi geospasial di Kabupaten Buleleng dapat segera terimplementasi, serta melalui kolaborasi kerjasama ini, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, sehingga terwujud SDM informasi Geospasial yang memenuhi standar. Dengan demikian, kami dapat memeprcepat penyusunan rencana detail tata ruang (RDTR), serta mempercepat penyelesaian perselisihan batas, khususnya batas Desa yang secara teknis telah dilakukan deliniasi oleh badan informasi Geospasial,” harapnya.
 
Sementara itu, Kepala BIG Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z Abidin, M.Sc. Eng., mengatakan ini merupakan kesepakatan bersama antara BIG dan Pemkab Buleleng. Ia mengaku siap untuk mendukung Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta dan Indonesia Terkoneksi.
 
"Kami selalu mendukung daerah yang ingin bekerjasama dengan kami,dan siap untuk mewujudkan pembangunan dan pengembangan informasi Geospasial," ujarnya. (DN ~ TiR).

Berita Terkait

Breaking News 5624164698495500019

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item