Pemkab Klungkung Belajar Pengelolaan BUMDes dan TPST ke Desa Pagedangan, Banten

Banten, Dewata News. Com -  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengunjungi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik se-Provinsi Banten J...



Banten, Dewata News. Com - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengunjungi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik se-Provinsi Banten Jawa Barat, yaitu di Desa Pagedangan di Tangerang, Banten, Senin (22/5). Disambut Kepala Desa Pagedangan Ahmad Anwar, Bupati Suwirta bersama rombongan mengunjungi BUMDes dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu.

Dia mengaku, kedatangannya ingin melihat‎ dan belajar bagaimana BUMDes di kampung itu.‎ “Belajar bagaimana perangkat desa bisa memajukan desa yang kabarnya jadi desa terbaik se-Provinsi Banten dan no 8 se-Indonesia,” katanya disela-sela kunjungan.

Melihat kemajuan Desa Pagedangan, Bupati Suwirta cukup kagum. Apalagi dikatakan desa ini jadi desa satu-satunya punya BUMDes di Kabupaten Tangerang yang BUMDes nya telah mampu mengelola sampahnya sendiri. Dalam kunjungannya itu Bupati Nyoman Suwirta yang didampingi Camat Nusa Penida dan sejumlah Perbekelnya berharap, para perbekel mampu meniru Desa Pagedangan yang mampu mengelola BUMDes sekaligus sampahnya demi kemajuan dan keberaihan desa.

Diawali dengan mengunjungi kantor kepala Desa kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi TPST mandiri. TPST yang berdiri ditengah lahan persawahan ini juga terintegtasi dengan kebun Tanaman Obat Keluarga yang dilengkapi kolam lele. Sampah organik yang telah diolah dijadikan pupuk, yang dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman TOGA. 

BUMDes Desa Pagedangan juga mengelola sentra kuliner yang merupakan salah satu BUMDes binaan. Memanfaatkan lokasi yang merupakan kawasan industri dan pemukiman, sentra kuliner ini pun ramai dikunjungi pegawai dan warga setempat. 

Dengan dana ADD yang dimiliki masing masing desa Bupati Suwirta berharap para Perbekel akan termotifasi untuk mendirikan BUMDes dan mengelola sampahnya masing masing. "Sampah merupakan persoalan kita bersama, hampir diseluruh wilayah memiliki permasalahan sampah, kecamatan Nusa Penida yang satu satunya kecamatan yang belum ada TPST, diharapkan akan ada yang memulai membangunnya." Ujar Bupati asal Ceningan. 

Selain mengunjungi Desa Pagedangan, sebelumnya dihari yang sama rombongan juga mengunjungi Pemerintah Kabupaten Tangerang.   Rombongan diterima Sekda Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsad di ruang rapat kantor Bupati Tangerang. Dalam pemaparannya Iskandar Mirsad mengatakan daerahnya dengan wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang lumayan padat juga mengalami permasalahan dalam penanganan sampah. Namun kini pihaknya sedang menjalin kerjasama dengan pihak swasta untuk mengolah sampah menjadi energi listrik. "Kedepan sampah sampah di seluruh wilayah Tangerang akan dikumpulkan dan dengan dukungan pihak swasta sampah diolah menjadi energi listrik dengan teknologi modern," ujar Iskandar Mirsad.

Berita Terkait

Kabar Klungkung 2104730709900028900

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item