Pastika Dorong Gerakan Bersama Stop Penyebaran HIV-AIDS - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/19/17

Pastika Dorong Gerakan Bersama Stop Penyebaran HIV-AIDS


Denpasar, Dewata News. Com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berusaha dan bekerja lebih kerasdalam upaya menyetop penyebaran HIV-AIDS. Ajakan itu disampaikannya dalam sambutan yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi BaliDrs. I Gusti Ngurah Alit,M.Si pada acara Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN) Provinsi Bali di pelataran Monumen Perjuangan Rakyat Bali (MPRB), Jumat (19/5).

Lebih jauh Pastika mengungkap, meski berbagai upaya telah dilakukan, namun hingga saat ini penyebaran HIV-AIDS masih cukup mengkhawatirkan. Karena diprediksi masih banyak kasus HIV-AIDS belum terungkap. 

"Dari estimasi jumlah penderitasebanyak 26 ribu, hingga saat ini yang terdata dan terjangkau pelayanan baru sebanyak 15.200 orang," bebernya. Untuk itu, Pastika mendorong kerja keras seluruh komponen untuk menggali kasus HIV-AIDS yang masih terpendam.


Selanjutnya, dia juga minta masyarakat menunjukkan empati dan simpati yang tulus terhadap Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA). Menurut dia, sikap ini diyakini dapat mencegah niat negatif ODHA untuk menularkan penyakitnya dengan sengaja kepada orang lain.

Pada bagian lain, Pastika mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan lembaga dan kelompok masyarakat yang aktif dalam upaya pencegahan HIV-AIDS. Dia menilai berbagai upaya tersebut telah membuahkan hasil dan mampumengendalikan laju epidemi HIV-AIDS. 

"Melalui berbagai upaya, angka infeksi baru berhasil diturunkan 10 persen. Itu merupakan hasil yang sangat menggembirakan," ujarnya. 

Ia juga kembali mengingatkan agar masyarakat menghindari faktor risiko penularan HIV-AIDS seperti hubungan seks bergonta ganti pasangan dan pemakaian jarum suntik pada pecandu narkoba.


Sementara itu, Koordinator Pokja Promosi, Pencegahan dan Hubungan Masyarakat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA)Provinsi Bali Prof.DR. N Mangku Karmaya mengungkap fakta tentang penyebaran HIV-AIDS yang makin mencemaskan. Sejak ditemukan pertama kalinya pada tahun 1987, hingga Desember 2016 tercatat 15.200 kasus HIV-AIDS di Pulau Dewata.

Meski demikian, dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, jumlah kasus kematian akibat penyakit ini makin menurun setiap tahunnya. “Penerimaan masyarakat terhadap ODHA juga makin baik,” imbuhnya.

Sedangkan Ketua Panitia Kegiatan MPRAN I Dewa Putu Sunartha dalam laporannyamengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dukungan moral bagi ODHA. Melalui malam renungan ini pihaknya ingin menekan stigma negatif masyarakat terhadap ODHA. MRAN Tahun 2017 yang diikuti seribu peserta dari sejumlah elemen masyarakat mengangkat tema ‘Ending AIDS Together’. Acara diisi dengan penyalaan lilin dan musikalisasi puisi bertemakan dukungan terhadap ODHA.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com