Melalui Funbike, Gubernur Pastika Ajak Masyarakat Hemat Energi - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/21/17

Melalui Funbike, Gubernur Pastika Ajak Masyarakat Hemat Energi


Denpasar, Dewata News. Com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengajak masyarakat untuk memulai dari diri sendiri dalam upaya menghemat penggunaan energi. Hal ini disampaikannya saat melepas peserta Fun Bike Kampanye Hemat Energi "Potong 10%" Untuk Energi Berkeadilan di depan Monumen Bajra Sandi, Denpasar, Minggu (21/5). 

"Caranya mudah, pilih, matikan, cabut," kata Pastika memberi tips yang bisa dilakukan masyarakat untuk menghemat energi sepuluh persen. Ia mengajak masyarakat untuk memulai dari diri sendiri, keluarga, khususnya dari Bali untuk membangun negeri ini dengan cara penghematan energi.

Menteri ESDM yang diwakili Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Prof Dr Ir I Gusti Nyoman Wiratmaja M.Sc. menyampaikan sejalan dengan hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei, pihaknya menggelar acara ini sebagai momentum kebangkitan energi di Indonesia. Bali sebagai daerah pariwisata internasional dipilih sebagai salah satu ikon pilar penghematan energi, katanya. "Kalau kita bisa menghemat energi sepuluh persen maka tidak perlu membangun pembangkit listrik dan diperkirakan bisa menghemat uang negara sebanyak 18 trilyun rupiah," katanya. Menurutnya negara-negara maju sudah lama melakukan kampanye ini, oleh karena itu sudah saatnya Indonesia juga melakukan hal yang sama.

Panitia, Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali Dewa Putu Sunartha menyatakan program ini merupakan upaya untuk mendorong kesadaran seluruh elemen masyarakat tentang pentingnya program kampanye hemat energi potong 10% sehingga tercipta efisiensi dan tanggung jawab dalam pemanfaatan energi di tengah-tengah konsumsi energi yang terus meningkat dan menurunnya cadangan energi fosil. 

Acara ini merupakan kelanjutan dari Kampanye Hemat Energi "Potong 10%" yang dilangsungkan tanggal 15 Mei 2016 di Jakarta yang dibuka Menteri ESDM dan dihadiri 1500 peserta. Selain Denpasar, acara yang sama juga dilaksanakan di Balikpapan dan Makassar secara serentak. 

Tidak hanya fun bike, masyarakat juga bisa mengikuti senam hemat energi dan diskusi di Forum Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja. (DN - DwI)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com