Lomba Minat Baca Perpustakaan Sebagai Upaya Pembudayaan Gemar Membaca Sejak Dini

Denpasar, Dewata News. Com -  Kemampuan dan kesenangan membaca merupakan modal dan factor penting dalam penyelenggaraan pendidikan baik...


Denpasar, Dewata News. Com - Kemampuan dan kesenangan membaca merupakan modal dan factor penting dalam penyelenggaraan pendidikan baik formal, informal maupun non formal dalam rangka mewujudkan pembangunan masyarakat untuk hidup lebih cerdas, berwawasan luas dan tangkas dalam menghadapi peluang dan tantangan di era ekonomi global.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali Luh Putu Haryani, SE. MM.  dalam sambutannya saat membuka Lomba Minat Baca Bercerita Tingkat SD/MI, Lomba Gending Bali Sinom Pangkur Tingkat SMP dan Lomba Baca Puisi Bali Modern Tingkat SMA/SMK se-Bali Tahun 2017 di Ruang Pertemuan Hotel Puri Nusa Indah, Denpasar pada Selasa (16/5) pagi.

“Upaya pembudayaan gemar membaca harus ditanamkan dan dilatih pada anak-anak sedini mungkin serta dilakukan secara berkelanjutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis dan komunikatif,” ujar Haryani seraya menambahkan jika penanganan tidak cukup hanya oleh Guru di sekolah, namun peran orang tua, masyarakat, pemerintah dan lembaga swasta juga merupakan factor yang sangat penting.

Lebih lanjut menurut Haryani, agar dapat dicapai hasil yang optimal dalam upaya meningkatkan kegemaran membaca di kalangan anak-anak dan generasi muda, harus dipupuk dan digiatkan secara serentak dan terpadu dengan melibatkan semua komponen bangsa baik ditingkat pusat maupun daerah.

“Untuk mensukseskan program tersebut sangatlah tepat diadakan kegiatan lomba-lomba seperti ini, karena dalam lomba tersebut bertujuan menggali potensi untuk memberikan apresiasi terhadap budaya nasional dalam rangka pembentukan karakter bangsa. Karena akar dari karakter bangsa itu tumbuh dan berkembang secara alami dalam peradaban budaya lokal yang adiluhung seperti Legenda, Mitos, Dongeng, Nembang Gending Bali, Baca Puisi dan lain-lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Ida Bagus Yudi Dananjaya dalam laporannya mengatakan jika pembudayaan kegemaran membaca pada satuan pendidikan ditanamkan dan dilatih pada anak-anak sedini mungkin serta dilakukan secara berkelanjutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis dan komunikatif. Sehingga, Perpustakaan Nasional RI dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provonsi Bali melaksanakan kegiatan Lomba Minat Baca Perpustakaan dengan tema “Melalui Lomba Minat Baca Perpustakaan, Kita Perkuat Jati Diri Bangsa Dalam upaya Membangun Karakter dan Kecerdasan serta Daya Kompetitif Generasi Muda”.

“Ada Tiga (3) Jenis lomba yang dilaksanakan diantaranya, Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Bali, Lomba Gending Bali Sinom Pangkur Tingkat SMP se-Bali, Lomba Baca Puisi Bali Modern Tingkat SMA/SMK se-Bali,” jelasnya.

Menurut Dananjaya, tujuan lomba sendiri dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan karakter dan peningkatan rasa persatuan serta kesatuan. Selain itu juga untuk menumbuh kembangkan budaya gemar membaca pada anak-anak mulai usia SD/MI terhadap buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang isinya mengandung nilai-nilai kepahlawanan dan misi membangun pendidikan karakter baik buku bernuansa cerita kepahlawanan maupun legenda. 

Ditambahkan Dananjaya, lomba sendiri dilaksanakan selama Tiga hari mulai dari tanggal 16 – 18 Mei 2017 dengan total peserta sejumlah 81 orang perwakilan dari amsing-masing Kabupaten/Kota se-Bali. (DN - NgR)

Berita Terkait

Breaking News 706429309832192250

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item