Lely Suryaningsih ”Duta” Promkes Buleleng Teladan di Provinsi Bali

Buleleng, Dewatanews. Com —  Seorang tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Buleleng-1, Desak Lely Suryaningsih aktif melakukan tu...


Buleleng, Dewatanews. Com — Seorang tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Buleleng-1, Desak Lely Suryaningsih aktif melakukan tugas sesuai fungsinya sebagai petugas promkes (promosi kesehatan) di wilayah kelurahan yang ada di wilayah Kota Singaraja. Salah satunya, ikut menunjang kegiatan Posbindu di Kelurahan Banjar Tegal.
Karena gesitnya melaksanakan tugas layanan kesehatan di Posbindu Kelurahan Banjar Tegal, mengantarkan Desak Lely Suryaningsih ditetapkan menjadi ”duta” Kabupaten Buleleng ke tingkat Provinsi Bali.
Perlu diketahui, Posbindu Lansia merupakan upaya mewujudkan masa tua sehat, mandiri, dan sejahtera. Urgentnya sasaran Posbindu Lansia ini, sehingga Posbindu di Kelurahan Banjar Tegal mampu mengetuk warga masyarakat yang mampu untuk mendanai kegiatan layanan kesehatan yang dilancarkan Puskesmas Buleleng-1.
           

Dari informasi Departemen Kesehatan,bahwa keberhasilan Pembangunan Nasional memberikan dampak meningkatnya Umur Harapan Hidup (UHH) yaitu dari 68,6 tahun 2004 menjadi 70,6 pada tahun 2009. Meningkatnya UHH menyebabkan peningkatan jumlah lanjut usia, dimana pada tahun 2020 diperkirakan mencapai 28,8 juta jiwa.
Besarnya populasi lanjut usia serta pertumbuhan yang sangat cepat juga menimbulkan berbagai permasalahan, sehingga lanjut usia perlu mendapatkan perhatian yang serius dari semua sektor untuk upaya peningkatan kesejahteraan lanjut usia. Salah satu bentuk perhatian yang serius terhadap lanjut usia adalah terlaksananya pelayanan pada lanjut usia melalui Posbindu yang melibatkan semua lintas sektor terkait, swasta, LSM dan masyarakat.
Tim Penilai Provinsi Bali dengan koordinator Ni Wayan Nariam melaksanakan penilaian di Puskesmas Buleleng-1, dan penilaian ke lapangan di Posbindu Kelurahan Banjar Tegal, Singaraja, Selasa (09/05) siang. Tim disambut Lurah Banjar Tegal Jro Nyoman Supardi yang langsung melihat kegiatan Posbindu Lansia.
Penilaian, menurut Koordinator Tim Penilai, Ni Wayan Nariam dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali ini, ada tiga tahap, yakni tahap tes tulis, tes wawancara dan saat ini langsung meninjau ke lapangan melihat langsung kegiatan partisipasi masyarakat yang dikumpulkan oleh petugas Promkes dan bukti data secara administrasi. Tahapan ini, sebagai tindaklanjut dari tes tertulis dan wawancara yang telah dilakukan.
Kegiatan Posbindu di Kelurahan Banjar Tegal yang sudah berlangsung atas swadaya masyarakat setempat yang mampu selama ini sudah sangat dirasakan masyarakat yang mengutamakan kesehatan, yang umumnya sudah lanjut usia (lansia).
Sebab, ketika mereka datang ke Posbindu mendapat layanan gratis, termasuk cek gula darah, maupun asam urat yang pada umumnya sebagai penyakit menggejala merambah warga lansia.
”Kegiatan penilaian ini sebagai pemberian reward kepada petugas layanan kesehatan yang berprestasi di bidangnya masing-masing untuk kesehatan masyarakat. Dari tiga besar yang terpilih terbaik, maka yang terbaik (juara I) dipanggil ke Jakarta untuk menerima reward, sekaligus mengikuti upacara bendera 17 Agustus 2017 di Istana Negara,” katanya. (DN ~ TiR).

Berita Terkait

Kabar Buleleng 1541538137184612197

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

BALINESIA FACE 2017

BALINESIA FACE 2017

YURA Shop

Populer

item