Hadir di ”Car Free Day”, KMHDI Buleleng Ajak Masyarakat Gemar Baca

Buleleng, Dewatanews.com —    Disela-sela aksi ”Car free day” di sepanjang Jalan Ngurah Rai yang berpusat di Taman Kota Singaraja, tern...


Buleleng, Dewatanews.com —  Disela-sela aksi ”Car free day” di sepanjang Jalan Ngurah Rai yang berpusat di Taman Kota Singaraja, ternyata PC KMHDI Buleleng jeli memanfaatkan peluang. Bukan saja mengajak masyarakat untuk berolahraga sambil berbelanja yang selama ini diamati, namun mahasiswa Hindu yang tergabung dalam PC KMHDI Buleleng mengajak masyarakat yang datang untuk gemar membaca.
 
Paradigma baru yang ditampilkan KMHDI Buleleng dari pantauanDewatanews.com, Minggu (21/05) pagi yang memanfaatkan tribun Taman Kota Singaraja dengan menggelar lesehan kendati dalam keterbatasan buku.
 
Dewa Gde Ronny Agastya Wijaya selaku Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan mengatakan, bahwa kegiatan ini tidak bertujuan untuk mencari keuntungan, namun murni didasarkan untuk meyadnya. Hal ini dikarenakan masyarakat lebih tertarik pada media sosial.
 
”Kita ketahui informasi yang disajikan di media sosial masih perlu diuji kebenarannya. Sehingga, masyarakat perlu menumbuhkan kembali minat membaca buku. Karena, buku menyajikan informasi berupa fakta dan data-data valid, atau dengan kata lain buku menyajikan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan”, ujarnya.
 
Sementara Ketua PC KMHDI Buleleng, Made Teja Artha Sakti Sukma menegaskan, bahwa gerakan literasi yang dilakukan oleh KMHDI bertujuan untuk mengajak masyarakat, bahwa membaca buku adalah sebuah kegiatan dan sarana untuk mengetahui berbagai jenis informasi. Melalui buku masyarakat juga dapat meng-“upgrade” informasi dan wawasan terkait realitas yang terjadi saat ini.
 
Pemuda yang akrab dipanggil Teja ini juga menegaskan, bahwa masyarakat yang ke stand KMHDI ini bisa meminjam buku yang tersedia, buku bisa dibaca di seputaran Taman Kota.
 
Dari pantauan, antusias anak-anak sampai kalangan dewasa ikut membaca di stand KMHDI,dan terbukti sampai 137 pengunjung untuk membaca.
 
Salah seorang pengunjung, Ketut Nastra mengatakan, meski dengan keterbatasan buku-buku yang dimiliki, dirinya sangat terharu melihat gerakan anak-anak muda ini untuk mengajak masyarakat untuk berliterasi.  ”Sangat jarang kami temui anak muda yang memang benar-benar menginginkan suatu perubahan," ungkapnya
 
Menurut Made Teja, kegiatan gerakan literasi yang dilakukan oleh PC KMHDI Buleleng akan dilakukan secara berkala dan konsisten, sebagai wujud nyata bahwa organisasi Hindu ini memiliki sensitifitas dan kepedulian untuk membangun budaya membaca di kalangan masyarakat. (DN ~ TiR).

Berita Terkait

Kabar Buleleng 1386686037982379754

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item