Wagub Sudikerta Ikuti Prosesi Mepepada di Pura Agung Besakih

Karangasem, Dewata News. Com - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengikuti Upacara Mepepada yang dilaksanakan di Pura Penataran Agung...


Karangasem, Dewata News. Com - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengikuti Upacara Mepepada yang dilaksanakan di Pura Penataran Agung Besakih, Karangasem, Senin (10/4). Mepepada sendiri merupakan rangkaian kegiatan dari Upacara Ida Bhatara Turun Kabeh dimana Upacara tersebut bertujuan untuk menyucikan dan menyeimbangkan walungan yang akan digunakan selama Upacara Ida Bhatara Turun Kabeh berlangsung.

Prosesi Upacara Mepepada sendiri mengiringkan beberapa jenis binatang mengelilingi natar Pura Penataran Agung Besakih pada arah berlawanan jarum jam (presawya) sebanyak tiga kali yang secara filosofis diartikan sebagai satu prosesi untuk memohon kehadapan Tuhan / Ida Sang Hyang Widhi Wasa untuk berkenan memberikan berkah dan anugerah kepada binatang yang dipergunakan dalam rangakaian upacara Ida Bhatara Turun Kabeh. 

Upacara Mapepada diakhiri dengan prosesi panglepas prani (dengan sesajen dan tirtha lepas prani) dan nuwek (menyentuhkan senjata Ida Ratu Pande ke tubuh binatang-binatang tersebut)sebagai simbol binatang tersebut telah binasa. Usai upacara Mapepada, binatang-binatang tersebut disembelih di perantenan Pura Agung Besakih dan beberapa bagian digunakan sebagai pelengkap sesajen.

Perlu diketahui Upacara Bhatara Turun Kabeh akan dilaksanakan selama 21 hari dan puncak upacara dilaksnakan pada Purnama Kedasa yakni pada tanggal 11 April.

Berita Terkait

Breaking News 3679013568978502661

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item