Tarian Rejang Renteng Akan Ramaikan Perayaan Hari Puputan dan HUT Kota Semarapura Tahun 2017 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/7/17

Tarian Rejang Renteng Akan Ramaikan Perayaan Hari Puputan dan HUT Kota Semarapura Tahun 2017


Klungkung, Dewata News. Com - Perayaan Hari Puputan dan HUT Kota Semarapura Tahun 2017, pada 28 April nanti akan menampilakan sebuah tarian massal. Tarian massal Rejang Renteng akan dibawakan oleh sekitar 800 an lebih penari di Catus Pata Klungkung untuk menyemarakkan Perayaan Hari Puputan ke 109 dan HUT Kota Semarapura ke 25 tahun ini. Demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam arahannya ketika memimpin rapat pemantapan persiapan Perayaan Hari Puputan dan HUT Kota Semarapura, Jumat (7/4) di Ruang Rapat Praja mandala kantor Bupati Klungkung. 

Festival Semarapura yang ke III pada tanggal 28 April akan dibuka Menteri Pariwisata Republik Indonesia yang yang akan diawali dengan penampilan Adi Merdangga bertempat di depan monumen Puputan Klungkung. Pada hari yang sama akan dibuka pula pameran UMKM dan Kuliner Khas Kabupaten Klungkung, serta bursa tenaga kerja (job fair).

Mengusung  tema “Dengan Semangat Puputan Klungkung, Kita Gelorakan Nilai Nilai Kepahlawanan melalui Aksi Gema Santi” perayaan tahun ini akan diisi pula berbagai bidang kegiatan serta lomba dengan melibatkan siswa sekolah, organisasi masyarakat (Ormas) serta masyarakat. Bidang olah raga akan diselenggarakan lomba tarik tambang antar perangkat daerah, antar desa/ ormas, lomba megala - gala, fun bike, lomba panjat tebing se-Bali, yoga massal , kejuaraan motocross serta jalan sehat. 

Bidang seni dan budaya akan digelar lomba mewarnai dan menggambar wayang kamasan, lomba menggambar baliho, lomba fotografi, seni mural, Gong Kebyar, demo seni Suklu, pagelaran barong somi, lomba penjor, lomba megala gala, lomba triactical, lomba menjunjung sokaksi, lomba enggrang, lomba terompah, lomba gender wayang, parade mebat SD dan SMP, serta parade lagu pop bali.      

Pada hari terakhir sekaligus penutupan Festival Semarapura ke III yakni pada 2 Mei 2017 akan tampil artis penyanyi papan atas nasional, Raisa. Raisa akan tampil di panggung terbuka depan Monumen Puputan Klungkung dengan membawakan lagu lagu andalannya yang sudah menjadi hits.

Pada Perayaan Hari Puputan dan HUT Kota Semarapura ini, areal Catus Pata Semarapura kembali akan dihias dengan puluhan penjor peserta lomba yang dipasang membentuk Tapak Dara disisi utara, timur selatan dan barat . Untuk keamanan, akan memanfaatkan pecalang, PolPP, Polisi dan TNI. 

Bupati Suwirta berharap dengan pelaksanaan seluruh rangkaian acara ini diharapkan dapat memberikan kesan yang luar biasa kepada masyarakat yang hadir dan seluruh masyarakat Klungkung. Seperti halnya Nusa Penida dan Lembongan yang mengalami peningkatan kunjungan wisatawan setelah penyelenggaraan festival, Kota Semarapura juga diharapkan akan mengalami hal serupa. 

Dalam rapat ini turut dihadiri Wabup Made Kasta selaku Ketua Umum Pantap Hari Puputan Klungkung, Sekda Gede Putu Winastra, serta para Kepala OPD. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com