SERAHKAN DUA BEDAH RUMAH DOMPET PEDULI POS BALI, GUBERNUR PASTIKA GUGAH KEPEDULIAN KEPADA SESAMA LEWAT MEDIA

Bangli, Dewata News. Com -  Media sebagai alat yang bersentuhan langsung dengan para pembaca dinilai sangat efektif sebagai sarana untu...


Bangli, Dewata News. Com - Media sebagai alat yang bersentuhan langsung dengan para pembaca dinilai sangat efektif sebagai sarana untuk menggugah kepedulian masyarakat kepada sesama yang kurang mampu. Media juga bisa menjadi sarana untuk  menggali dan menyalurkan bantuan dari masyarakat mampu yang ingin menyisihkan sedikit penghasilannya kepada orang yang layak mendapatkannya. Sehingga secara tidak langsung media turut membantu tugas pemerintah dalam mempercepat pengentasan kemiskinan khususnya di Bali. 

Demikian disampaikan Gubernur Bali,  Made Mangku Pastika, saat menyerahkan secara simbolis bantuan bedah bedah rumah yang berasal dari dompet kemanusiaan yang disalurkan Media Pos Bali di Br. Balandingan, Desa Blandingan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Minggu (14/4). “Kita tentunya ingin menggugah rasa kepedulian masyarakat kepada sesama, karena segala sesuatu butuh kepedulian dari seluruh masyarakat. Dalam hal ini tentunya media bisa membantu kita untuk mengumpulkan punia, untuk selanjutnya disalurkan kepada warga yang layak mendapatkannya, yang tentunya akan membantu Pemerintah dalam mempercepat pengentasan kemiskinan di Bali,” tegas Pastika.

Lebih jauh, Gubernur Pastika juga mengundang media lain yang berkeinginan membuka dompet kemanusiaan, tetapi harus mengantongi ijin terlebih dahulu.  Karena dengan adanya ijin, segala yang dilaksanakan akan lebih terkontrol dan peruntukannya lebih terarah. Ia juga menyampaikan himbauannya kepada masyarakat yang mampu untuk menyisihkan sedikit penghasilannya bagi sesama yang membutuhkan, karena menurutnya meskipun sedikit yang kita sisihkan tetapi sangat berharga bagi yang memerlukan, terlebih dalam suasana menyambut hari raya besar keagamaan. 

“Mereka yang kurang mampu belum tentu bisa merayakan hari raya dengan megah, untuk masak nasi pun mereka masih kesusahan. Jadi saya harap seluruh masyarakat Bali dapat meningkatkan rasa saling asah,asih, asuh nya terhadap lingkungan sekitar, sehingga semua orang bisa merakayan hari raya dengan hikmat”, pungkas Pastika.

Dalam kesmepatan itu, di Desa Blandingan sendiri diserahkan 32 bantuan bedah rumah, dimana 3 bedah rumah berasal dari dana CSR dan 29 rumah dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Induk Provinsi Bali tahun 2017. Kali ini   secara simbolis, Gubernur Bali menyerahkan bantuan bedah rumah kepada I Ketut Brata (25th) yang masuk dalam warga kurang mampu di Desa Blandingan. Untuk diketahui Ketut Brata sebelumnya tinggal di sebuah rumah bersama seorang istri Ni Made Rastini (21th) serta anaknya bernama Ni Wayan Riani Juniantarai (9bln). Di dalam rumah tersebut, Ia juga tinggal bersama 3 KK lainnya dengan jumlah 12 orang, dengan keadaan yang saling berdesakan. Ketut Brata mengakui bahwa, dirinya tidak sanggup membuat sebuah rumah karena penghasilan sebulan sebagai petani dan buruh serabutan tidak mencukupi untuk membangun rumah. Untuk itu ia berterimakasih kepada masyarakat Bali terutama Pemprov Bali dan Media Pos Bali yang telah bersedia membantu keluarganya untuk membangun sebuah rumah yang layak untuk mereka tempati. 

“Saya berharap program bedah rumah dapat terus dilanjutkan, karena masih banyak masyarakat yang tidak mampu membangun rumah seperti yang saya alami”, ujarnya. Dalam kesempatan itu bantuan bedah rumah juga diserahkan kepada Nyoman Wiratmaja (27th) yang memiliki seorang istri bernama Ketut Sumarini (25th) dan seorang anak Wayan Anggita Abiyoga (1th).

salah satu pimpinan Media Pos Bali, Gusti Ngurah Oka, yang kala itu turut hadir menyatakan bantuan bedah rumah yang disalurkan pada hari itu merupakan hasil pengumpulan dana masyarakat dalam program dompet kemanusiaan, yang juga bekerjasama dengan Pemprov Bali. Rumah yang dibangun dengan anggaran 26 juta tersebut tidak dipatok bestek yang baku, bisa saja berkembang tergantung besarnya animo masyarakat dilingkungan penerima bantuan yang ingin menyumbang. Semakin banyak yang menyumbang , semakin besar rumah yang bisa dibangun. Untuk  itu ia sangat berharap warga di lingkungan penerima, ikut membantu dari segi materi maupun tenaga.

Gubernur Pastika yang dalam kesempatan itu didampingi oleh Bupati Bangli Made Gianyar, Inspektur Provinsi Bali Ketut Teneng, Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Nyoman Wenten, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali I Dewa Gede Mahendra Putra serta Ketua Komunitas Atas Nama Orang Miskin (ANOM) juga menyerahkan bantuan sembako yaitu 50 karung beras kepada 53 orang Lanjut Usia yang ada di lingkungan Desa Blandingan. Pada momentum itu, bantuan sembako dari Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi Bali juga sekaligus diserahkan kepada  penerima bantuan  bedah  rumah.

Berita Terkait

Breaking News 1351504561675624357

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item