Perpustakaan Pelangi Desa Patas Entaskan Kemiskinan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/16/17

Perpustakaan Pelangi Desa Patas Entaskan Kemiskinan


Buleleng, Dewata News. Com —Perpustakaan Pelangi Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, diharapkan agar menambah koleksi buku-buku pengetahuan yang berkaitan ketrampilan wanita. Hal itu disampaikan salah satu warga Hindun Diana (35), saat tim penilai Provinsi Bali melakukan penilaian dan pembinaan ke Perpustakaan Pelangi Desa Patas, beberapa waktui lalu.
 
Ditengah minimnya pengetahuan dan ketrampilan tentang cara membuat aneka kue, keberadaaan perpustakaan desa dinilai sangat membantu warga, khususnya dirasakan Hindun Diana, belajar membuat aneka macam kue basah maupun kering melalui buku bacaan yang disediakan oleh Perpustakaan Pelangi Desa Patas, Kecamatan Gerokgak.
 
Hindun Diana yang warga asli Desa Patas bukan hanya sebatas rajin membaca dengan memanfaatkan perpustakaan di desanya sebagai media pembelajaran, juga mempraktekkan langsung aneka resep kue yang dibacanya. Juga ketika gagal dalam mempraktekan resep, ia tetap semangat mencari tahu penyebab kegagalannya dalam membuat kue, dengan membaca informasi terkait di perpustakaan desa hingga menemukan jawabannya.
 
Alhasil semangat dari gemar membaca di Perpustakaan Desa Pelangi, kini tidak sedikit aneka kue kering dan basah dikuasi Hindun, seperti pastel, cake, apem dan pukis. Bahkan, ketrampilan membuat kue yang ditekuni selama ini, kini menjadi bagian dari mata pecahariannya. Ia pun mendapat banyak pesanan dari konsumen di pasar maupun sekolah-sekolah. Terlebih di hari-hari besar kegamaaan, ia pun sampai kewalahan menerima pesanan dengan dibantu anak-anaknya.
 
Hal senada diungkapkan Luh Supurtini (36) yang dipercaya sebagai tutor bimbingan belajar (bimbel) Bahasa Inggris di Perpustakaan Pelangi. Selaku warga Patas, Supurtini bangga dengan terobosan yang dilakukan Perbekel Desa Patas dengan mengundang investor lokal untuk mendirikan Perpustakaan Pelangi dalam upaya meningkatkan SDM dan perekonomian masyarakat desa setempat.
 
Kini dalam perkembangannya, program Perpustakaan Desa Patas selain sebagai sumber ilmu pengetahuan dan informasi, juga dilengkapi ruang khusus untuk bimbingan belajar Bahasa Inggris dilengkapi dengan ruang komputer serta jaringan internet (wifi).
 
Supurtini yang dipercaya sebagai tutor bimbel Bahasa Inggris mengaku tidak hanya menangani siswa SD, SMP, dan SMA di wilayah setempat, namun juga siswa diluar Desa Patas dalam wilayah Kecamatan Gerokgak.
 
Sementara itu, Tim penilai Lomba Perpustakaan Desa Provinsi Bali, Made Tanjung mengatakan, mengacu pada materi penilaian, sebagian besar kriterianya telah dipenuhi
 
Menurut Tanjung, Perpustakaan Pelangi Desa Patas telah mampu memberikan pembelajaran kepada masyarakat dari yang tidak bisa membaca menjadi bisa membaca tanpa membedakan golongan umur, suku, ras dan agama, sesuai dengan namanya Perpustakaan Pelangi. ”Selain itu, Peopustakaan Pelangi Desa Patas telah mampu mengentaskan kemiskinan, hanya yang perlu dibenahi adalah bidang administrasi,” imbuhnya.
 
Berkaitan dengan kekurangan di bidang administrasi yang harus dibenahi Perpustakaan Pelangi Desa Patas, Kecamatan Grokgak untuk mempersiapkan diri mewakili Provinsi Bali ke tingkat nasional, Plt Kadis Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Buleleng, Made Suyasa mengatakan, siap menjembatani dan mengawal masukan dari tim.
 
Menurut rencana, penilaian lomba perpustakaan desa tingkat nasional akan dilaksanakan antara bulan Mei-Juni mendatang. (DN ~ TiR).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com