Pemprov Gelar Safari Kesehatan Keliling Setiap Hari Jumat

Karangasem, Dewata News. Com -  Guna memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya di wilayah yang terpencil atau yang jauh da...


Karangasem, Dewata News. Com - Guna memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya di wilayah yang terpencil atau yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan, Pemprov Bali akan menggelar safari kesehatan keliling setiap hari Jumat. Demikian disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat mengunjungi kegiatan safari kesehatan yang dilaksanakan di Banjar Wates Kaja, Desa Duda Timur dan Banjar Kalanganyar, Desa Sidemen, Kabupaten Karangasem, Jumat (7/4).

“Ini setiap hari Jumat kita akan melaksanakan bhakti sosial safari kesehatan khsusnya bagi masyarakat di wilayah yang sulit menjangkau fasilitas kesehatan, misalnya ke puskesmas jauh atau ke rumah sakit jauh, kita akan kunjungi daerah tersebut setiap hari jumat,” tegas Pastika yang menurutnya hal tersebut sudah merupakan kewajiban bagi pemerintah untuk memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya. 

“Nanti setiap Jumat itu kita akan kunjungi dua desa, dan kegiatan tersebut akan terus dilakukan selama diperlukan, misalnya sekarang di desa ini sudah dapat hari ini, nanti dua bulan lagi akan datang lagi dan ini akan dilakukan secara bergiliran di setiap desa,” imbuh Pastika. 

Pastika juga menerangkan bahwa, masih banyak wilayah – wilayah di Bali yang terpencil yang susah dijangkau fasilitas kesehatan, seperti di wilayah Karangasem, Klungkung, Bangli dan Buleleng. Oleh karena itu, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan Rumah Sakit Mata Bali Mandara selalu siap untuk turun langsung ke masyarakat guna memberikan pelayanan kesehatan seperti ini.

Lebih lanjut disampaikan Pastika, selain safari kesehatan, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan beras dan garam yodium bagi masyarakat di wilayah tersebut khususnya para lansia. Hal tersebut dilakukan mengingat saat ini masih banyak lansia terlantar di Bali dan hal tersebut harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah. 

“Ironis sekali saat ini, banyak masyarakat kita yang mampu makan nasi sampai berlebihan dan terkadang dibuang – buang sedangkan disisi lain masih banyak para lansia kita yang memerlukan bantuan beras dari kita,” ungkap Pastika seraya menceritakan hasil kunjungan ke para lansia pada hari penampahan galungan kemarin di Kabupaten Karangasem. 

Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut Pastika juga mengajak masyarakat untuk dapat memperhatikan lingkungan sekitar dan saling berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan khsususnya para lansia tersebut.

Dalam safari kesehatan tersebut, Gubernur Pastika turut didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Ketut Suarjaya dan Direktur RS Mata Bali Mandara Made Yuniti yang diperintahkan selanjutnya untuk memantau langsung kegiatan safari kesehatan tersebut. Safari kesehatan diisi dengan pemerinksaan awal kesehatan dan juga pemeriksaan mata secara gratis.

"Sekarang disini kita beri pemeriksaan awal dan bagi masyarakat yang penyakitnya lebih parah akan langsung kita tindak lanjuti," jelas Pastika. Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan beras yang diserahkan langsung oleh Gubernur Pastika, dimana masing – masing masyarakat memperoleh 5 kg.

Berita Terkait

Breaking News 9160288718988323458

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Pemerintah Provinsi Bali

Pemerintah Provinsi Bali

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item