Listibya Tentukan Lima Nominasi Penerima Penghargaan Seni Wija Kusuma - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/20/17

Listibya Tentukan Lima Nominasi Penerima Penghargaan Seni Wija Kusuma


Buleleng, Dewata News. Com — Melalui pertemuan kedua kalinya, Listibya Kabupaten Buleleng yang dikoordinir I Gade Marayana selaku Ketua Majelis Pertimbangan Kebudayaan, berhasil menetapkan nominasi lima dari delapan orang seniman yang tahun 2017 ini berhak menerima Penganugerahan Penghargaan Seni Wija Kusuma dari Pemerintah Kabupaten Buleleng.
 
Pertemuan yang berlangsung di Kantor Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Kamis (20/04) itu dipimpin Kepala Bidang Kesenian Wayan Sujana, lebih mempertajam seniman yang diusulkan benar-benar mempunyai kreativitas mengacu pada pengabdian berkesenian di bidangnya masing-masing ditengah-tengah masyarakat.
 
”Mereka yang sudah masuk nominasi lima seniman oleh Listibya Kabupaten Buleleng lebih dominan kepada pengabdian seninya ditengah-tengah masyarakat sesuai bidangnya masing-masing,” kata Kabid Kesenian Wayan Sujana mewakili Kadisbud Kabupaten Buleleng usai pertemuan.
 
Para seniman yang masuk nominasi sebagai calon penerima Penganugeraan Penghargaan Seni Wija Kusuma itu, yakni Gede Suweca (seniman Karawitan) dari Desa Banyuatis, Kecamayan Banjar, Alm. Nyoman Diksa (seniman Sastra Daerah) – Desa Kalisada, Kecamatan Seririt,  Ketut Merta yang lebih akrab disapa Dalang Klentit (seniman Pedalangan/Dalang) – Desa Banjar Tegeha, Ketut Soamba (seniman Pelukis Wayang Kaca dan Wayan Kulit) -  Banjar Delod Margi, Desa Nagasepeha, Kecamatan Buleleng, Made Teken almarhum (seniman Karawitan dan Tari) –  Desa Kalisada, Kecamatan Seririt, dan Made Tirthayasa (seniman Sastra Modern) – Kelurahan Banjar Tegal, Kecamatan Buleleng, Singaraja.
 
Kabid Kesenian Disbud Kabupaten Buleleng Wayan Sujana menekankan, bahwa penghargaan Seni Wija Kusuma merupakan bentuk penghormatan, sekaligus penghargaan pemerintah daerah kepada seniman,budayawan dan ilmuwan, berupa bantuan motivasi kepada mereka yang berprestasi danmemiliki dedikasi tinggi terhadap upaya pelestarian seni budaya daerah, sehingga dapat berkembang dan lestari selasas dengan dinamika hidup masyarakat Bali.
 
”Setelah penetapan nominasi lima seniman ini, kami undang mereka untuk membuat autobiografi yang nantinya dibukukan. Dan selanjutnya, Dinas Kebudayaan mengusulkan mereka skepada bapak Bupati Buleleng untuk dibuatkan Surat Keputusan ebagai penerima Penganugerahan Penghargaan Seni Wija Kusuma Tahun 2017,”  imbuhnya. (DN ~ TiR).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com