Hari Libur, Umat Hindu Padati Pura Agung Besakih

Karangasem, Dewatanews. Com — Hari libur, Sabtu dan Minggu dimanfaatkan umat Hindu di Bali untuk tangkil ke Pura Agung Besakih, serangk...


Karangasem, Dewatanews. Com —Hari libur, Sabtu dan Minggu dimanfaatkan umat Hindu di Bali untuk tangkil ke Pura Agung Besakih, serangkaian karya Ida Batara Turun Kabeh. Terbukti, pamedek memadati Pura Besakih hingga membuat jalur ke pura terbesar di Bali itu padat merayap.
 
Kepadatan sudah terjadi sejak Sabtu (22/4) dan berlanjut pada hari Minggu (23/04) dan diprediksi akan berlanjut sampai Senin (24/04) hari ini, sebelum memasuki hari kerja, Selasa (25/04) besok.
 
Kapolsek Rendang AKP Nengah Berata, mengatakan membludaknya pamedek di hari libur, sudah diprediksi sebelumnya. Sehingga, pihak kepolisian bersama jajaran TNI, Dinas Perhubungan Karangasem dan Badan Pengelola Pura Agung Besakih, melakukan langkah-langkah antisipasi.
 
Badan Pengelola fokus menangani persoalan kepadatan pamedek di dalam pura. Sedangkan polisi, TNI dan Dinas Perhubungan mengantisipasi membludaknya pamedek di luar areal pura. Salah satu yang dilakukan petugas di luar areal pura, adalah dengan menambah areal parkir hingga memanfaatkan rumah-rumah pribadi warga setempat.
 
Seperti pantauan Dewata News. Com pada hari Minggu (23/04), bersama keluarga besar Sekaa Suka Duka Swadharma Banjar Tegal, Buleleng, suasana jalur jalan padat merayap, bahkan kemacetan terjadi sejak di kawasan Pura Sad Kahyangan Ulun Danu Batur, Kintamani, Bangli.
 
“Kepadatan pamedek sudah terjadi sejak Sabtu. Pamedek memang membludak, memang terjadi kepadatan pamedek, tapi bukan macet ya,” kata Kapolsek Rendang AKP Nengah Berata.
 
Karena menggunakan kendaraan Bus besar, sehingga parkir di areal parkir Pura Dalem Puri, masih sekitar 2 kilonmeter menuju Pura Agung Besakih. Para pemedek terpaksa harus sewa ojek yang memang sudah tanggap mengantisipasi pemedek yang tidak membawa mobil pribadi.
 
Dari puluhan pengendara ojek yang nenawarkan jasa angkutan itu, setiap penumpang dikenakan Rp10 ribu.
 
Membludaknya pemedek yang tangkil, sebelumk menuju Penataran Agung Padmasana Tiga, para pemedek tangkil di Pedharman masing-masing yang tak terhindari dari antrean panjang.
 
Rombongan Sekaa Suka Duka Swadharma Banjar Tegal yang berangkat dari Singaraja sekitar pukul 07.00 wita,sampai tiba kembali dengan selamat di Singaraja sekiutar pukul 21.30 Wita dari perjalanan Tirtayatra ke Pura Sadkahyangan Ulun Danu Batur, Pura Dalem Puri dan Penataran Agung Pura Besakih. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Breaking News 8476595986011356158

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Pemerintah Provinsi Bali

Pemerintah Provinsi Bali

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item