Gubernur Ingatkan Pentingnya Sinergitas Legislatif Eksekutif Dalam Jalankan Pemerintahan

Mangupura, Dewata News. Com -  Keberadaan Legislatif dan Eksekutif dalam menjalankan pemerintahan daerah memegang peran yang sangat pen...


Mangupura, Dewata News. Com - Keberadaan Legislatif dan Eksekutif dalam menjalankan pemerintahan daerah memegang peran yang sangat pentiing, DPRD merupakan  mitra atau partner eksekutif dalam merumuskan kebijakan  dalam menjalankan roda pemerintah daerah dan memiliki posisi yang sejajar. Untuk itu kedua lembaga hendaknya memelihara dan membangun hubungan yang harmonis dan saling mendukung  dalam menjalankan roda pemerintah daerah demi terwujudnya keadilan dan kesejahteraan masyarkat. 

Demikian disampaikan oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutannya pada acara pembukaan  Rakernas ke-2 Asosiasi DPRD Kota Seluruh  Indonesia (ADEKSI) di Harris Hotel & Residences Sunset Road, Kuta Badung, Rabu (26/4) .

Legislatif itu partner dari eksekutifDPRD merupakan mitra kerja Pemerintah Daerah dalam membuat kebijakan daerah dalam  melaksanakan otonomi daerah sesuai dengan tugas dan fungsi masing- masing,“ imbuhnya. 

Lebih jauh dalam sambutannya Pastika juga mengingatkan tentang pentingnya sinergitas legislatif  eksekutif dalam penyususunan  anggaran mengingat dengan penyusunan  anggaran yang tepat akan dapat mewujudkan keadilan yang merata bagi seluruh masyarakat. Dengan sembilan program prioritas  “ Nawa Cita “ yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi dimana dijabarkan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan keadlian yang merata di setiap daerah di Indonesia. 

Terkait pelaksanaan Rakernas yang mengangkat tema “Peran DPRD Dalam Merawat Kebhinekaan Dan Mewujudkan Keadilan Sosial di Daerah “ , orang nomor satu di Bali ini menegaskan  tema tersebut sangatlah stategis dalam menyikapi kondisi bangsa dan negara saat ini, untuk itu pelaksanaan Rakernas ini diharapkan dapat menghasilkan aksi-aksi nyata dalam mewujudkan tema tersebut  sehingga Indonesia akan dapat mewujudkan cita-citanya yaitu mewujudkan keadilan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia  dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Hal senada juga disampaikan oleh Mentri Koordinator Bidang Politik , Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia Jendral TNI (Purn) Wiranto bahwasannya tema yang  diangkat sangat tepat,  hal ini menandakan bahwa kita semua  peduliuntuk merawat  kebhinekaan negeri kita sebagai upaya mewujudkan keadilan sosial  di daerah. Lebih jauh Wiranto memaparkan bahwa kebhinekaan yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia haruslah terus dirawat dan dijaga  dan mewujudkan  persatuan bangsa. 

“Perbedaan agama, etnis, suku  bukanlah menjadi musibah ataupun sebagai pemicu konflik. Kebhinekaan akan membawa kita dalam persatuan yang semakin kuat,“ imbuhnya. 

Terkait peran DPRD dalam merawat kebhinekaan dan mewujudkan keadilan, Wiranto berharap DPRD dapat memberi peran nyata  dengan mengeliminasi konflik konflik yang ada di tengah masyrakat di daerah.  Dengan terciptanya persatuan maka  jalannya pembangunan akan berjalan aman dan dengan pembangunan yang aman pada  ujungnya akan membawa  kemakmuran  bagi seluruh masyarkat.

Wiranto juga menyampaikan apresiasinya atas   komitmen dari para anggota DPRD Kabupaten/Kota se Indonesia untuk ambil bagian dalam  upaya memantapkan Pancasila dan bela Negara di seluruh Indonesia. Anggota Adeksi diharapkan akan dapat membantu program bela negara dan pemantapan Pancasila di tengah tengah masyarkat terlebih  saat ini  bangsa kita tengah  menghadapi suatu kondisi dimana mulai muncul kehendak kehendak yang mengingkari adanya kebhinekaan bangsa.

"Mari kita bersama sama kita rawat kebhinekaan kita dan bersama kita wujudkan keadilan merata bagi setiap daerah di Indonesia,“ tuturnya   Rakernas ke 2 Adeksi yang dibuka langsung oleh Menko Polhukam   berlangsung dari tanggal 25-28 April 2017 diikuti sekitar 800 peserta dari DPRD Kabupaten /Kota se Indonesia.

Berita Terkait

Breaking News 1100902199311450820

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item