Wagub Sudikerta Tinjau Senderan Longsor dan Trotoarnisasi di Wilayah Ubung Kaja

Denpasar, Dewata News. Com -  Berdasarkan laporan yang sebelumnya diajukan oleh Kepala Desa Ubung Kaja I Wayan Mirta kepada Wakil Guber...


Denpasar, Dewata News. Com - Berdasarkan laporan yang sebelumnya diajukan oleh Kepala Desa Ubung Kaja I Wayan Mirta kepada Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat melakukan audensi di Ruang Rapat Wagub Kamis (02/03), terkait kerusakan senderan pada sekolah SD Negeri 6 Ubung yang membahayakan para siswa serta pengajuan pembangunan trotoarnisasi di seputaran jalan Cokroamitono yang  menyebabkan sering meluapnya air ketika terjadi hujan. 

Untuk itu, Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta bersama Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Kementrian PUPR, Balai Wilayah Sungai Bali-Penida, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali Bidang Cipta Karya langsung terjun ke lokasi tersebut. Wagub beserta rombongan meninjau lokasi SD Negeri 6 Ubung yang letaknya disebelah Tukad Badung, yang terkena dampak dari longsornya senderan akibat hujas deras pada bulan Januari-Februari lalu. 

Di lokasi Wagub melihat, bahwa longsoran senderan sudah berimbas pada pondasi sekolah yang berisiko membahayakan keselamatan para siswa dan guru yang ada didalamnya. 

“Karena senderan ini masih berada dalam area sungai induk, jadi saya minta Balai Wilayah Sungai Bali-Penida (BWS BP) untuk segera menangani masalah ini, untuk mengindari longsor yang lebih parah dan membahayakan keselamatan para siswa”, terang orang nomor dua di Bali tersebut kepada Pejabat Pembuat Komitmen dari BWS BP I Wayan Riasa.

Menanggapi hal tersebut, PPK BWS BP Wayan Riasa menerangkan bahwa pembuatan senderan tersebut sampai saat ini sudah pada tahap pengajuan Detail Engginering Design (DED)  atau proyek perencanaan fisik dan tahun 2017 ini diprioritaskan untuk perbaikan senderan. Ia berharap, pusat segera meralisasikan pengajuan proposalnya sehingga senderan dapat segera dikerjakan. 

Pada hari yang sama Wagub yang juga didampingi oleh Kades Ubung Kaja, melakukan peninjauan rencana perbaikan trotoar di sepanjang jalan cokroaminoto, yang selama ini menimbulkan dampak meluapnya air yang datang dari hulu akibat kondisi saluran air sepanjang trotoar tidak baik. dalam kesmepatan itu, Wagub Sudikerta melihat bahwa disepanjang trotoar banyak masyarakat khususnya para pengusaha yang memanfaatkan trotoar untuk akses berjualan, sehingga menutup lubang dari trotoar tersebut. 

Menurut Wagub,  trotoar merupakan salah satu fasilitas pendukung penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan di antara fasilitas-fasilitas lainnya seperti: lajur sepeda, tempat penyeberangan pejalan kaki, halte, dan/atau fasilitas khusus bagi penyandang cacat dan usia lanjut sebagaimana yang dikatakan dalam Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU LLAJ”). 

Selain itu, ruang manfaat jalan atau trotoar hanya diperuntukkan bagi median, perkerasan jalan, jalur pemisah, bahu jalan, saluran tepi jalan,  ambang pengaman, timbunan dan galian, gorong-gorong serta perlengkapan jalan. Oleh karena itu, Ia menghimbau masyarakat untuk tidak melanggar aturan tersebut karena apabila salah satu fungsi jalan dirusak maka akan mengakibatkan kerusakan pada bagian lainnya. 

Lebih lanjut, Wagub menghimbau Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII agar segera membuatkan Detail Engginering Design (DED) atau proyek perencanaan fisik terkait trotoar yang masih berada dalam wilayah jalan kewenangan Nasional, agar tidak menimbulkan masalah yang lebih berat dikemudian hari. Selain itu, sebelum pengerjaan proyek Wagub meminta agar tim terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar terjadi komunikasi dua arah antara masyarakat dengan pemerintah. 

Berita Terkait

Breaking News 8496466002464432237

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Pemprov Bali

Pemprov Bali

Advertorial

Advertorial

Pemprov Bali

YURA Shop

Populer

item