Kagum, Prof. Gunawan Berharap Setiap Provinsi di Indonesia ada Sekolah Seperti SMA/SMK Negeri Bali Mandara

Buleleng, Dewata News. Com -  Keberadaan SMA/SMK Negeri Bali Mandara milik Pemerintah Provinsi Bali yang dikhususkan bagi masyarakat mi...


Buleleng, Dewata News. Com - Keberadaan SMA/SMK Negeri Bali Mandara milik Pemerintah Provinsi Bali yang dikhususkan bagi masyarakat miskin, mendapat apresiasi dari Prof. Dr. Gunawan Sumodiningrat, MEC yang merupakan salah satu tim penilai Anugrah Pangripta Nusantara. Sekolah yang terletak di Desa Kubutambahan, Buleleng tersebut, menurutnya tak diragukan lagi kualitasnya.

Demikian diungkapkan Prof. Dr. Gunawan Sumodiningrat, MEC saat berkunjung ke SMA/SMK Negeri Bali Mandara, di Desa Kubutambahan, Buleleng pada Kamis (09/3) sore.

Dalam kunjungannya ke sekolah khusus bagi masyarakat miskin tersebut, Prof Gunawan memuji dan mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi Bali yang memberikan kesempatan bagi mereka masyarakat miskin untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas demi masadepannya kelak.

"Suatu kebahagiaan dan kehormatan bagi saya bisa berhadapan dengan siswa-siswi beserta Gubernur di sekolah ini (SMA/SMK Negeri Bali Mandata-red). Saya tidak menyangka ada sekolah yang istimewa dan luar biasa seperti ini. Saya berharap, seluruh Provinsi di Indonesia ada sekolah yang seperti ini," ujar Prof. Gunawan dihadapan Gubernur Bali serta Siswa-siswi SMA/SMK Negeri Bali Mandara.


Menurut Prof. Gunawan, sekolah seperti SMA/SMK Negeri Bali Mandara sangat bagus untuk generasi masa depan bangsa. Ditambahkan Prof Gunawan, hal tersebut terlihat dari berbagai prestasi yang telah diraih oleh Siswa-siswi SMA/SMK Negeri Bali Mandara. Selain itu, sistem pendidikan yang dipakai di sekolah kebanggaan masyarakat Bali tersebut juga sangat bagus.

"Sekolah ini sangat bagus, tadi kepala sekolah dan juga pak Gubernur (Made Mangku Pastika-red) sudah cerita banyak kepada saya terkait dengan keberadaan sekolah ini. Prestasi yang di torehkan juga sangat banyak, saya sangat bangga bisa berkunjung ke sekolah ini. Saya janji, nanti kalau ada waktu saya akan kembali berkunjung kesini," pungkasnya.

Ia berharap, para peserta didik di SMA/SMK Negeri Bali Mandara untuk terus meningkatkan ilmunya demi meraih masa depan yang gemilang. Ia meminta agar Siswa-siswi di sekolah yang berdiri pada tahun 2011 (SMA Negeri Bali Mandara) dan 2015 (SMK Negeri Bali Mandara) tersebut untuk menggunakan kesempatan yang diberikan dengan sebaik mungkin. 

"Semoga sekolah ini menjadi contoh bagi sekolah di Indonesia bahkan Dunia. Kalian harus siap untuk perubahan, kalian merupakan generasi perubahan. Kalian harus menjadi yang terbaik. Saya berbahagia bisa berada dihadapan kalian. Ini merupakan kesempatan bagus bagi kalian semua, jadi saya minta untuk menggunakan kesempatan ini dengan sebaik mungkin," tuturnya.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri Bali Mandara , I Nyoman Darta dalam sambutan selamat datangnya mengucapkan terimakasih atas kunjungan Gubernur Bali beserta rombongan ke SMA/SMK Negeri Bali Mandara yang merupakan sekolah khusus bagi masyarakat Miskin yang ada di Provinsi Bali. 

"Terimakasih dan selamat datang di SMA/SMK Bali Mandara kepada Bapak Gubernur Bali beserta rombongan.
SMA Negeri Bali Mandara sendiri berdiri pada tahun 2011 sedangkan untuk SMK Negeri Bali Mandara berdiri pada tahun 2015. Sekolah ini didirikan khusus untuk keluarga miskin yang ada di seluruh Bali," ungkapnya.

Ditambahkan Darta, pihaknya mencari calon siswa-siswi sampai kepelosok Pulau Bali dan memastikan jika mereka yang akan menjalani pendidikan di SMA/SMK Bali Mandara memang benar-benar dari keluarga miskin.

"Kita mencari sampai kepelosok pulau Bali. Mereka kini memiliki harapan baru disini (SMA/SMK Bali Mandara-red). Untuk bisa menjalani pwndidikan disini, mereka harus melewati beberapa proses serta melalui seleksi yang cukup ketat untuk bisa masuk ke Sekolah. Kami juga memastikan bahwa mereka benar-bear miskin," ujar Darta.


Lebih lanjut, Darta menceritakan jika lulusan SMA Negeri Bali Mandara saat ini telah tersebar di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Menurut mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Singaraja tersebut, para siswa-siswi SMA/SMK Negeri Bali Mandara memang dibekali dengan berbagai ilmu untuk siap bersaing.

"Kita telah bekali mereka untuk siap bersaing, sehingga anak kita (lulusan SMA Negeri Bali Mandara) tersebar di beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia. Kita juga telah bekali mereka untuk bisa menjadi pengusaha, karena kami ingin mereka menjadi generasi pencipta," pungkasnya.

Usai bertatap muka dengan para Siswa-Siswi, rombongan Gubernur Bali kemudian berkeliling meninjau kamar tidur, kantor, kelas dan juga halaman sekolah yang dulunya merupakan sekolah pertanian.

Berita Terkait

Breaking News 1216824732589520523

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

BALINESIA FACE 2017

BALINESIA FACE 2017

YURA Shop

Populer

item