Hasilkan Pangan Berkualitas, Pemprov Bali Gandeng Kumamoto Jepang

Denpasar, Dewata News. Com - Dengan predikat sebagai destinasi pariwisata dunia, Bali dengan jumlah penduduk  sekitar  4 juta jiwa ditam...


Denpasar, Dewata News. Com - Dengan predikat sebagai destinasi pariwisata dunia, Bali dengan jumlah penduduk  sekitar  4 juta jiwa ditambah dengan wisatawan yang berlibur di Bali maka dalam seharinya ada sekitar 5 juta orang di Bali  yang membutuhkan pangan baik itu beras, sayur, buah serta pangan lainnya. Penyediaan pangan  bagi kebutuhan Bali tidak hanya terpaku pada jumlah yang cukup sesuai kebutuhan,  namun  tak kalah  penting menyediakan pangan yang sehat, berkulaitas serta dengan harga yang terjangkau. 

Untuk itu berbagai langkah dilakukan oleh Pemprov Bali dalam mewujudkan pangan berkualitas tersebut yang salah satunya dengan menggandeng kerjasama dengan Kumamoto Prefecture Jepang terkait penerapan  teknologi serta pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan yang nantinya akan diterapkan dalam pertanian di Bali guna menghasilkan pangan yang berkualitas. 

Dengan demikian tidak hanya  petani yang semakin sejahtera namun tingkat kesehatan masyarakat Bali  juga akan semakin meningkat. Hal ini terungkap dalam pertemuan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dengan delegasi Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Kumamoto Prefecture - Jepang yang dipimpin oleh Mr. Torii Osamu, di Ruang Kerja Gubernur, Rabu ( 22/3). 

“Tanah di Bali cukup subur, iklim  juga sangat mendukung untuk pengembangan pertanian. Bukan hanya jumlah hasil pertanian yang harus  mencukupi yang menjadi perhatian kami, tetapi  juga  kualitas yang baik dari hasil pertanian tersebut, “ imbuhnya. 

Lebih jauh Gubernur Pastika menyampaikan, kunjungan delegasi Kumamoto ke Bali ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Gubernur beserta rombongan ke Kumamoto Jepang beberapa bulan lalu. Untuk itu, Gubernur berharap selama kunjungan di Bali para ahli bisa mendapatkan gambaran yang cukup terkait kondisi alam serta pertanian Bali sehingga akan dapat memberi masukan serta ide-ide bagi  pengembangan pertanian Bali. 

“ Waktu saya berkunjung ke Kumamoto, di daerah pegunungan tanaman jeruknya tumbuh dengan sangat subur dan kualitasnya sangat bagus. Kondisi geografis seperti itu juga ada di Bali khususnya Bali bagian Utara dan Timur. Untuk itu kita ingin belajar dari Kumamoto, bagaimana meningkatkan hasil pertanian Bali di lahan tersebut sehingga  hasilnya bagus dan berkulaitas. Saya ingin petani di Bali hidupnya lebih baik dan sejahtera, “tuturnya. 

Sementara itu , Mr Torii Osamu selaku pimpinan delegasi Kumamoto menyampaiakan apresiasinya atas berbagai langkah  yang ditempuh oleh Pemprov Bali dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui sektor pertanian dan peternakan. Ia berharap dengan kunjungannya ke Bali maka kedua belah pihak akan dapat saling bertukar pikiran serta bertukar ilmu dalam upaya peningkatan kualitas pertanian. 

“ Kami sangat mengapresiasi jalinan kerjasama yang ada, kami harap kerjasama ini akan terus berlanjut dan dapat memberi hasil baik bagi kita semua. Kami juga ingin belajar banyak dari kondisi Bali, “tuturnya. 

Dalam kunjungannya selama tiga hari di Bali, delegasi Kumamoto dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah tempat seperti meninjau Balai Benih Ikan Air Tawar di Desa Sangeh, Abiansemal, meninjau Kelompok Tani Jeruk dan Kelompok Ternak sapi di Desa Katung Kintamani serta meninjau kawasan Tahura Ngurah Rai. Pertemuan pagi ini turut dihadiri oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Setda Provinsi Bali Ida Bagus Wisnuardhana, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan I Putu Sumantra serta Kepala  Dinas Kehutanan Setda Provinsi Bali I Gede Nyoman Wiranatha.

Berita Terkait

Breaking News 8580035967256896055

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item