Dorong Pemerataan Mutu Pendidikan, Gubernur Pastika Sidak SMA/SMK

Gianyar, Dewata News. Com -  Menyusul pengalihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari Pemkab/Pemkot ke Pemprov, Gubernur Bali Made Mangk...


Gianyar, Dewata News. Com - Menyusul pengalihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari Pemkab/Pemkot ke Pemprov, Gubernur Bali Made Mangku Pastika berkomitmen mewujudkan peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan pada sekolah menengah atas dan kejuruaan yang tersebar di seluruh Bali. Komitmen tersebut disampaikannya saat melakukan sidak ke SMKN 2 Tegallalang, Gianyar, Jumat (10/3).

Menurut Pastika, kedatangannya ke sekolah yang berlokasi Desa Taro Tegallalang bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi lembaga pendidikan yang baru beroperasi sejak dua tahun lalu tersebut. Sekolah ini mendapat perhatian Gubernur karena hanya memiliki 53 siswa dan minim tenaga pengajar PNS. Selain SMKN2 Tegallalang, sesuai laporan Dinas Pendidikan Provinsi Bali, masih ada sejumlah sekolah yang mengalami kondisi serupa. Menyikapi kondisi tersebut, Gubernur Pastika akan mengintensifkan turun ke SMA/SMK khususnya yang dinilai belum memenuhi standar.

Lebih jauh Pastika menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk mewujudkan pemerataan mutu pendidikan khususnya jenjang SMA/SMK agar masyarakat tak cenderung menyekolahkan anaknya pada sekolah-sekolah favorit yang ada di kota. 

“Kalau mutu pendidikannya sudah merata, kita harap penyebaran siswanya juga merata. Tak seperti sekarang, numpuk di kota,” ujar Pastika seraya mencontohkan jumlah siswa SMKN 1 Denpasar mencapai 3.000 orang. 

Penumpukan siswa juga terjadi pada sejumlah sekolah favorit lainnya, terutama di Kota Denpasar.  Menurutnya, kondisi ini sangat timpang dengan sekolah-sekolah yang lokasinya di pedesaan yang kesulitan mendapatkan siswa. 

“Wajar juga kalau masyarakat memilih yang berkualitas. Ini yang harus kita cari solusinya,” imbuhnya. 

Bertolak dari fakta tersebut, pihaknya melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan melakukan kajian dan pemetaan menyangkut permasalahan yang dihadapi sekolah-sekolah, khususnya yang minim siswa dan tenaga pendidik berstatus PNS. Pada bagian lain, Pastika juga menyinggung pentingnya pemerataan sebaran tenaga pendidik yang berkualitas dan pemberian tunjangan lebih besar bagi guru yang mengajar di sekolah-sekolah terpencil.

Sedangkan terkait dengan keberadaan SMKN 2 Tegallalang, Pastika menilai sekolah ini cukup potensial untuk dikembangkan. Selain lokasinya cukup strategis dan dekat objek wisata, bangunan fisik dan lahannya pun cukup memadai. 

“Sekarang tinggal bagaimana upaya kita meningkatkan kualitasnya dengan menambah fasilitas seperti tempat praktek dan peningkatan kualitas tenaga pendidik. Dengan demikian, lebih banyak lagi anak yang tertarik sekolah di sini,” ujarnya. 

Bahkan, Pastika punya pemikiran untuk menerapkan sistem asrama pada sekolah yang menawarkan program studi akomodasi perhotelan ini. “Dengan sistem asrama seperti yang kita terapkan di SMAN/SMKN Bali Mandara, siswa yang rumahnya jauh bisa tinggal di asrama,” ujarnya.  Selain itu, dia juga berpendapat kalau sekolah ini perlu dilengkapi sarana praktek.

Pastika yang didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Bali I Wayan Sarinah juga berkesempatan bertatap muka dengan siswa Kelas X SMKN 2 Tegallalang. Kepada para siswa, Pastika mengingatkan pentingnya penguasaan Bahasa Inggris. 

“Sepintar apapun kalian dalam bidang pelajaran lain, tak akan ada apa-apanya tanpa diimbangi penguasaan Bahasa Inggris. Apalagi, kalian akan terjun di bidang periwisata,” ujarnya. 

Untuk menyemangati para siswa, Pastika pun membagi tips belajar Bahasa Inggris. 

“Caranya, hafalkan sebuah cerita lalu latih untuk diucapkan agar lidah kalian tidak kaku,” ucapnya. 
Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 2 Tegallalang I Wayan Semadi,S.Pd.Ing berterima kasih atas kunjungan Gubernur Pastika. Selanjutnya, dia sangat berharap dukungan Pemprov Bali demi keberlanjutan sekolah tersebut.

Berita Terkait

Breaking News 1251245120678701072

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item