Bangkitkan Jiwa Enterpreneurship, Wagub Sudikerta Gugah Semangat Kemandirian Insan Civitas Warmadewa

Denpasar, Dewata News. Com -  Kata Enterpreneurship menjadi tak asing lagi ditelinga setiap orang ditengah persaingan global saat ini. ...


Denpasar, Dewata News. Com - Kata Enterpreneurship menjadi tak asing lagi ditelinga setiap orang ditengah persaingan global saat ini. Entrepreneurship adalah sebuah mindset atau pola pikir yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang, dalam mengembangkan wawasan dan kreatifitas sehingga menciptakan pribadi mandiri yang mampu menghasilkan inovasi-inovasi baru yang bisa menjadi sumber penghidupan. 

Demikian disampaikan Wagub Ketut Sudikerta saat memberikan kuliah umum di hadapan para mahasiswa-mahasiswi Universitas Udayana yang digelar di aula kampus Universitas Warmadewa Jl. Akasia, Denpasar, Rabu (22/3). 

“Agar bisa menjadi seorang enterpreneur kita harus bisa bangkitkan semangat kemandirian yang didukung kemauan dari diri sendiri untuk bekerja keras dengan tulus iklas, maka disana inovasi kita akan muncul,” cetus Sudikerta.

Untuk memompa semangat para mahasiswa, Wagub Sudikerta pada kesempatan itu juga menceritakan riwayat hidupnya yang berasal dari keluarga tidak mampu, dan berkat kegigihan serta kerja kerasnya saat ini bisa menjabat sebagai orang nomor dua di Bali. Pengalaman tersebut diharapkan bisa menjadi panutan bagi para mahasiswa saat memasuki dunia kerja. 

Lebih jauh, Wagub Sudikerta yang kala itu turut didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali AA. Gede Yuniartha Putra, juga menyampaikan program-program yang telah dilaksanakan Pemprov Bali dalam mendukung bangkitnya jiwa enterpreneurship di Bali, diantaranya melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Provinsi Bali telah menggelontorkan bantuan permodalan bagi para pelaku UMKM. 

Begitu pula bagi peminjam kredit yang tidak memiliki aset sebagai jaminan bisa memanfaatkan jasa PT. Jamkrida. Tak kalah penting, pembentukan SDM pun menjadi perhatian utama Pemprov Bali yang pembinaannya diantaranya dilaksanakan melalui Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali dalam memberikan pelatihan-pelatihan, serta ada pula beasiswa sekolah yang disalurkan Dinas Pendidikan Provinsi Bali.

Sementara itu, Rektor Universitas Warmadewa Prof dr. Dewa Putu Widjana, dalam sambutan singkatnya turut menyampaikan hal senada yang mengharapkan para mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang diperoleh saat memasuki dunia kerja, serta terus meningkatkan kapasitas diri sehingga nantinya bisa menjadi pencipta lapangan kerja (job creater) dan bukan sebagai pencari kerja (job seaker). Enterpreneurship menurutnya menjadi sangat penting saat ini karena menentukan kemajuan satu daerah. 

“Satu daerah maju minimal 2% masyarakatnya harus menjadi enterpreneur,” ujar Widjana. Ditambahkan Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali Dr. Drs. AA. Gede Oka Wisnumurti bahwa Universitas Warmadewa saat ini memiliki mahasiswa aktif sekitar 11 ribu orang serta alumni sebanyak 25 ribu orang. Dengan jumlah SDM sebanyak itu menurutnya harus bisa mendukung kemajuan Bali. Untuk itu, para generasi muda diharapkan memiliki mental dan keberanian untuk bersaing  dengan para pencari kerja lainnya.

Berita Terkait

Breaking News 3019804593334314583

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item