Bali Jadi Tuan Rumah IMF-WB Annual Meetings 2018

  Jakarta, Dewata News. Com -  Gubernur Bali, Made Mangku Pastika menghadiri Rapat Koordinasi yang membahas persiapan pertemuan tahunan...


 Jakarta, Dewata News. Com - Gubernur Bali, Made Mangku Pastika menghadiri Rapat Koordinasi yang membahas persiapan pertemuan tahunan IMF dan World Bank, di Kantor Kemenko Maritim, Gedung BPPT, Jakarta, Senin (13/3).

Rapat koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, yang sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara acara IMF dan World Bank, membahas berbagai persiapan diantaranya bidang perhubungan terkait kesiapan Bandara Ngurah Rai Bali, kesiapan kapasitas hotel di kawasan Nusa Dua di mana akan ada perpindahan "kantor" untuk 1.500 staf IMF dan World Bank serta keamanan selama kegiatan tersebut.

Sebelumnya, pada acara IMF-WB AM 2015 di Lima, Peru, telah ditanda tangani “Agreement for the 2018 AM of the IMF dan the World Bank” yang menetapkan Indonesia secara resmi terpilih menjadi Tuan Rumah (Host Government) IMF-WB Annual Meetings 2018. Hajatan besar ini rencananya akan digelar di Bali pada 12-14 Oktober 2018 mendatang.

IMF-WB Annual Meetings (AM) adalah pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Gubernur World Bank dan IMF pada setiap bulan Oktober, untuk mendiskusikan perkembangan ekonomi dan keuangan global serta isu-isu terkini: Global Economy, World’s Financial Markets, International Economic Development,  Poverty Reduction, dan Isu-Isu Global lainnya.

AM merupakan acara tahunan IMF dan World Bank, sehingga semua konten acara, baik acara pokok dan sampingan sepenuhnya ditentukan dan dikelola oleh IMF dan WB. Iven ini  biasanya diselenggarakan di Washington DC untuk dua tahun berturut-turut dan di negara anggota yang berbeda pada setiap tahun ketiga. Negara yang ditunjuk sebagai Host-Government wajib menyediakan fasilitas dan mendukung persiapan dan penyelenggaraan acara AM.

Di antara Negara-negara ASEAN-5, Indonesia dan Malaysia merupakan negara yang belum pernah menjadi tuan rumah IMF-WB Annual Meetings. Mengingat Indonesia sebagai satu-satunya negara ASEAN di Forum G20,  kesempatan menjadi tuan rumah IMF-WB Annual Meetings 2018 merupakan momentum sangat baik bagi Indonesia untuk menunjukkan leadership  Indonesia di antara negara ASEAN. Untuk itu, sangat penting menunjukkan komitmen Indonesia di Forum Internasional tersebut tentang Global Economy, World’s Financial Markets, International Economic Development serta menunjukkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi, serta stabilitas sektor keuangan di Indonesia.

Pemerintah Provinsi Bali tentunya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan besar ini. Berbagai langkah persiapan sudah dilakukan diantaranya penunjukkan meeting venues, offices, dan official hotels, dan melakukan MoU dengan beberapa hotel dan convention center di Nusa Dua, Bali. Selanjutnya, akan dilaksanakan perbaikan fasilitas sarana dan prasarana di lokasi dan sekitar lokasi penyelenggaraan acara, dan juga di lokasi destinasi wisata dalam program promosi wisata. Tidak lupa dukungan pengamanan terhadap fasilitas, sarana dan prasarana, serta pengamanan terhadap Delegasi dan seluruh Peserta AM 2018.

Turut hadir dalam rakor tersebut Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Berita Terkait

Breaking News 5205826680572774701

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Bali Creative Week 2017

Bali Creative Week 2017

YURA Shop

Populer

item