Wagub Sudikerta Ajak Umat Hindu Tingkatkan Sradha Bakti Pada Leluhur

Karangasem, Dewata News. Com -  Dalam menjalankan kehidupan kita sebagai umat manusia kita tidak boleh lupa pada keberadaan para leluhu...


Karangasem, Dewata News. Com - Dalam menjalankan kehidupan kita sebagai umat manusia kita tidak boleh lupa pada keberadaan para leluhur kita. Dengan ingat kepada leluhur dan melaksanakan sradha bakti kita sebagai preti sentana maka kita akan dapat menjalankan swadharma kita dengan sebaik baiknya dan kesejahteraan lahir dan batin akan kita peroleh. 

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta dalam sambrama wacananya seusai mengikuti prosesi Mejaya jaya pelantikan  kepengurusan Paiketan Arya Wang Bang Pinatih (AWBP) Provinsi Bali  Tahun 2016-2021 di Pura Batumadeg, Besakih, Senin (20/2). 

Lebih lanjut Sudikerta menyampiakan dalam melaksanakan sradha bakti kepada leluhur hendaknya dilaksanakan secara tulus ikhlas,sesuai dengan kemampuan.

"Kita harus selalu ingat pada leluhur, tingkatkan sradha bakti kita dengan  melakukan Yadnya dengan tulus iklas dan sesuai kemampuan," tegasnya.

Terkait dengan pelantikan serta prosesi Mejaya jaya pengurus Paiketan AWBP, Sudikerta yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Paiketan AWBP tahun 2016-2021  berharap agar kepengurusan yang baru  dapat menjalankan tugas dengan baik dan menjalankan program program kerja yang telah disusun.

Disamping itu pengurus yang baru juga diharapkan dapat meningkatkan persaudaraan antar semeton AWBP dan terus melakukan pendataan terhadap jumlah pasemetonan AWBP di  seluruh Bali. Sudikerta juga berharap para pengurus   terus melakukan pembinaan pembinaan baik pembinaan dan pelatihan  terhadap para pemangku terkait bebantenan  maupun pembinaan  pada krama terkait pelaksanaan upakara yadnya. Upacara Mejaya jaya yang diikuti sekitar 200 orang pengurus AWBP Provinsi Bali ini dipuput oleh Ida Peranda Wayahan Bun dari Geriya Sanur Pejeng Gianyar. 

Pada hari yang sama, Wagub Sudikerta juga menghadiri karya Tawur Agung Catus Pata di Desa Pakraman Tianyar ,Kecamatan Kubu Karangasem.Dalam sambutannya Wagub menyampaikan apresiasinya atas upacara yang telah dilaksanakan oleh warga Desa Pakraman  Tianyar, sebagai wujud rasa syukur dan sembah bakti  kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas segala berkah yang telah dilimpahkan. 

Disamping itu Wagub juga  mengingatkan krama akan ajaran Tri Kaya Parisudha  ( Wacika,Manacika dan Kayika) dan  berharap krama selalu   melaksanakan  ajaran tersebut sehingga karya akan berjalan lancar dan tujuan pelaksanaan yadnya dapat terwujud. Dalam kesempatan ini, Wagub Bali menyerahkan dana punia serta melakukan penandatanganan prasasti berdirinya bangunan Tepas Dasa Siwa yang terletak di perempatan agung Desa Pakraman Tianyar.


Berita Terkait

Breaking News 5832720482598535266

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item