Wagub Sudikerta Ajak Pengusaha Bengkel Manfaatkan Koperasi dan Jamkrida Bali Mandara

Denpasar, Dewata News. Com -  Keberadaan daripada para pengusaha bengkel yang tergabung dalam Perkumpulan Bengkel Mobil Bali ( PBMB) me...


Denpasar, Dewata News. Com - Keberadaan daripada para pengusaha bengkel yang tergabung dalam Perkumpulan Bengkel Mobil Bali ( PBMB) merupakan salah satu contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) / Industri Kecil Menengah (IKM)  yang berperan  penting dalam menopang roda perekonomian masyarakat serta membuka lapangan pekerjaan. 

Namun dalam menjalankan kegiatannya  berbagai kendala masih dihadapi oleh para pelaku usaha tersebut  salah satunya permasalahan permodalan serta  sulitnya  penjaminan kredit yang dapat digunakan untuk  mengembangkan usaha. Untuk itu Wagub Ketut Sudikerta mengajak para pelaku usaha bengkel tersebut untuk memanfaatkan keberadaan Koperasi serta Program  penjaminan Kredit Daerah Bali (Jamkrida) Bali Mandara. 

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta dalam sambutannya saat membuka acara Gathering Kerjasama Kemitraan Perkumpulan Bengkel Mobil Bali (PBMB) di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Minggu (19/2). 

Lebih jauh Wagub Sudikerta menyampaikan keberadaan Koperasi di bawah  pembinaan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Pemprov Bali menyediakan kucuran dana yang dapat dimanfaatkan untuk menambah modal usaha  yang tentu saja  diberikan dengan bunga yang sangat ringan. Tidak itu saja, bagi para pengusaha  yang tidak bisa mendapatkan pinjaman  modal karena terbentur dengan penjaminan, maka Jamkrida Bali Mandara bisa menjadi solusi bagi permasalahan mereka.

“Pada prinsipnya  Pemprov Bali sangat mendukung keberadaan darpada UKM/ IKM di Bali. Saya minta manfaatkan Koperasi untuk mendapatkan permodalan dan Jamkrida jika tidak memiliki penjaminan kerdit. Tidak itu saja, peningkatan sumber daya manusia juga  didukung, bisa  datang ke Dinas Tenaga kerja untuk mendapatkan   pelatihan keterampilan. Dengan demikian keberadaan UKM / IKM akan  dapat menyerap lebih banyak  tenaga kerja dan menopang laju perekonomian, “ imbuhnya. 

Terkait pelaksanaan Gathering yang diikuti oleh pengusaha Bengkel se Kabupaten/ Kota di Bali, Wagub Sudikerta yang juga menjabat sebagai Dewan Kehormatan PBMB, berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi melainkan sebagai langkah untuk membuka peluang utuk mendapatkan jaringan pemasaran dan kesempatan untk berkereasi untuk lebih cepat mengetahui kebutuhan konsumen sekaligus mengenal pasar.

"Saya harap kegiatan ini bisa jadi momentum strategis bagi para anggota PBMB untuk saling bertukar pikiran dalam meningkatkan kreatifitas dan kwalitas produknya masing masing, sehingga usaha akan terus tumbuh dan memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Bali, “ tuturnya.

Sementara itu Ketua Umum PBMB I Komang Gde Tilik Juli Hartawan dalam laporannya menyampaikan bahwasannya keanggotaan PBMB terdiri dari para pengusaha bengkel dengan kategori menengah ke bawah  sehingga dalam menjalankan  usahnya memerlukan dukungan baik dari Pemerintah maupun dari pihak swasta. 

Pemerintah diharapkan dapat menyediakan lebih banyak pembinaan dan  pelatihan pelathan dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusianya,  bantuan permodalan yang bisa mereka dapatkan dengan bunga yang rendah serta kemudahan untuk mendapatkan kredit modal barang. Demikian pula halnya dengan  sektor swasta, diharapkan adanya dukungan  dan kemudahan kemudahan bagi para pengusaha dalam mendapatkan barang barang penunjang jalannya usaha perbengkelan.

Dengan dukungan baik dari pemerintah maupun  pihak swasta maka diharapkan para pengusaha bengkel yang tergabung dalam PBMB  akan dapat memberikan pelayanan terbaik dalam pelayanan perbengkelan kepada masyarakat, menyerap tenaga kerja yang lebih banyak serta  menopang pertumbuhan perekonomian. 

Dalam acara yang dibuka secara resmi oleh Wagub Bali tersebut , dihadiri  juga oleh Kepala Dinas Koperasi , Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali I Dewa Nyoman Patra  dan  diisi dengan penyampaian materi Kerjasama Kemitraan oleh Nyoman Budeyasa serta presentasi kegiatan PBMB di Tahun 2017.

Berita Terkait

Breaking News 962967399034722837

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item