Sikapi Situasi Terkini, Gubernur Ajak Masyarakat Berdoa Untuk Kedamaian dan Keselamatan

Denpasar, Dewata News. Com -  Bajra Sandi, monumen berbentuk genta raksasa menjadi saksi ketika masyarakat Bali menggelar acara doa ber...



Denpasar, Dewata News. Com - Bajra Sandi, monumen berbentuk genta raksasa menjadi saksi ketika masyarakat Bali menggelar acara doa bersama bertajuk Gema Doa Seribu Genta untuk Kedamaian Nusantara, Minggu (12/2).

Di depan monumen yang terletak di Lapangan Puputan Margarana Denpasar tersebut, sulinggih, pemangku dan masyarakat berkumpul dan melakukan upacara pemujaan ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa guna memohon keselamatan dan kedamaian nusantara.

Dalam sambutannya Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan warga Bali patut berbangga, di tengah tantangan dan dinamika global, Bali tetap berkembang dalam situasi yang aman dan kondusif. Menurutnya semua ini bisa terjadi karena komitmen dan partisipasi seluruh komponen masyarakat yang bahu-membahu dengan aparat keamanan. Namun ia mengingatkan agar selalu waspada, serta tetap memantapkan tekad untuk menjaga situasi yang kondusif ini sehingga memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan seluruh Krama Bali. 

"Untuk itu, upaya sekali yang kita laksanakan harus pula dilandasi dengan keikhlasan melaksanakan upaya niskala, melalui Yadnya dengan berbagai bentuknya, termasuk melalui doa bersama ini," katanya. 

Terlebih akhir-akhir ini, kita di Bali mengalami cobaan dengan adanya musibah bencana alam, yang menimpa masyarakat kita di Badung, Buleleng, Tabanan dan Bangli, sambungnya.

Menurutnya, di tingkat nasional, bangsa Indonesia juga mengalami berbagai cobaan seperti gangguan keamanan dan ketertiban, terorisme bahkan ancaman disintegrasi bangsa. Seluruh komponen bangsa harus kembali sadar, kembali memperkuat komitmen mempertahankan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. 

"Mari kita kumandangkan doa untuk persatuan, untuk keutuhan dan kebhinekaan negeri ini, dari Bali," ajaknya.

Acara doa bersama juga dihadiri oleh Ny. Ayu Pastika, Wagub Sudikerta beserta Ny. Dayu Sudikerta serta diikuti sekitar seribu pemangku. Acara yang dipuput oleh 7 sulinggih terswbut dilanjutkan dengan mengelilingi monumen bajra sandi sembari membunyikan genta untuk menciptakan vibrasi kedamaian di Pulau Bali.

Selain doa bersama acara diisi dengan tari-tarian dan pembacaan puisi oleh Mayjen TNI Purn. Dr. I Putu Sastra Wingarta berjudul Toleransi Bajra Sandi serta penyerahan punia pakaian pemangku secara simbolis oleh Ny. Ayu Pastika dan Ny. Dayu Sudikerta.

Berita Terkait

Breaking News 1268122008753858400

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item