Polda Bali ”All Out” Amankan Pilkada Buleleng 2017

Buleleng, Dewata News. Com -  Perhelatan pesta demokrai Pilkada Serentak 2017 yang dilaksanakan di Kabupaten Buleleng sebagai satu-satu...


Buleleng, Dewata News. Com - Perhelatan pesta demokrai Pilkada Serentak 2017 yang dilaksanakan di Kabupaten Buleleng sebagai satu-satunya kabupaten-kota di Provinsi Bali mendapat perhatian pengamanan dengan ”all out” dari jajaran Kepolisian Daerah Bali.
 
”Karena itu, Polda Bali ”all out” mengamankan Pilkada Buleleng yang puncaknya tanggal 15 Februari 2017 nanti. Sebagai bukti para perwira tinggi dan bahkan,sebagai pengabdian terakhir pak Wakapolda Bali Brigjen Pol.INyoman Suryasta yang asal Buleleng yang bakal purnabakti atau pensiun mengamankan pelaksanaan Pilkada Buleleng,” kata Kapolda Bali Irjen Pol. Dr.Petrus R.Golose, MM usai memimpin Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan TPS Ops Mantap Praja Buleleng 2017 di Taman Kota Lapangan Ngurah Rai Singaraja, Senen (13/02).
 
Bertindak selaku Komandan Apel, Kabag Ren Polres Buleleng Kompol I Nyoman Kartika,selain diikuti oleh jajaran Kepolisian di wilayah hukum Polres Buleleng, juga Pasukan Brimob dan Pasukan Dalmas Polda Bali, serta pasukan TNI serta perwakilan Linmas se-Kabupaten Buleleng.
 
Pada kesempatan Apel tersebut, Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus R.Golose didampingi Wakapolda Brigjen Pol.Nyoman Suryasta dan perwira petinggi Polda Bali melakukan pemeriksaan pasukan yang dimulai dari Pasukan TNI-AD, PasukanBrimob maupunPasukan Dalmas Polda Bali, serta jajaran Kepolisian darimasing-masing Polsek di wilayah hukum Polres Buleleng serta jajaran Linmas se-Kabupaten Buleleng. Termasuk sarana dan prasarana operasional Kepolisian.
 
Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan TPS Ops Mantap Praja Buleleng 2017 ditandai dengan penyerahan tas Ops.Mantap Praja Buleleng 2017 secara simbolis kepada dua orang anggota Kepolisian.
 
Kapolda Irjen Pol. Petrus R.Golose dalam arahannya pada intinya menekankan, bahwa Apel pergerseran pasukan ini merupakan rangkaian pelaksanaan Ops Mantap Praja Buleleng 2017 dalam rangka memeriksa kelengkapan dan kesiapan jelang pengamanan pemungutan suara.
 
Diingatkan Kapolda, bahwa eskalasi kemungkinan meningkat dalam masa tenang ini walapun dari laporan sampai saat ini kejadian masih nihil, namun diingatkan untuk tidak ”Underestimate” dalam mengamankan pesta demokrasi. ”Pelaksanaan pengamanan Pilkada Buleleng ini bukan hanya menjadi tanggung jawab Polri semata, melainkan seluruh instansi terkait. Untuk itu diperlukan sinergitas dari Polri, KPU, Panwaslu dan Pemerintah serta insatnsi penegak hukum lainnya dan seluruh komponen masyarakat,” tegas Kapolda Petrus R.Golose.
 
Kepada Kapolres bBleleng, Kapolsek dan seluruh unsur keamanan diisyaratkan Kapolda agar memastikan seluruh TPS diwilayahnya dalam keadaan aman dan siap pastikan kondisi Pilkada aman dan lancer. ”Laksanakan pengawalan distribusi logistik Pemilu, laksanakan deteksi dini terhadap bentuk-bentuk potensi konflik diwilayah masing masing, laksanakan pemutahiran, updates terus situasi kerawanan agar dapat diminimalisir,” ujarnya.
 
Selain itu, Kapolda juga mengharapkan, pentingnya optimalkan peran inteljen dan Bhabinkamtibmas untuk meminimalisir terjadinya konflik dalam proses pemungutan suara maupun penghitungan suara, Optimalkan peran sentra Gakkumdu untuk meminimalisir konflik pasca penghitungan suara.

"Lebih penting lagi, anggota Polri bersifat netral serta tidak melibatkan diri dan berpihak kepada Paslon dalam Pilkada ini, selalu jaga kesehatan dan keselamatan diri pada saat pelaksaan tugas pengamanan Pilkada ini,” imbuhnya.
 
‎‎Sebagai dilaporkan Kapolres Buleleng AKBP Made Sukawijaya, personil yang dilibatkan dalam pengamanan TPS sebanyak 1.412 anggota terdiri dari personil Polres Buleleng 551 dan BKO Polda 861 personil dengan dibantu Linmas 2.172 orang.
 
Mereka nantinya akan ditugaskan di 1.086 TPS yang ada, yaitu 760 TPS kategori Rawan I dengan penempatan personil 1 anggota Polisi 1 TPS 2 Linmas dan 326 TPS kategori Rawan II dengan Penempatan Personil 2 anggota Polisi 1 TPS 2 Linmas.
 
Sedang untuk personil Penyekatan sebanyak 185 Orang BKO dari Polres Tetangga dan personil tersebut akan ditempatkan di perbatasan pada jalan jalan masuk ke Kabupaten Buleleng diantaranya untuk Wilayah timur di DesaTembok dari personil Polres Karangasem, dari Polres Bangli di Penulisan, di daerah Cekik oleh Polres Jembrana, di daerah Pupuan dan Baturiti oleh Polres Tabanan.
 
Selain Personil tersebut, juga disiagakan personil untuk melaksanakan tugas Patroli gabungan atau tugas lain sesuai kebutuhan yaitu Personil BKO Brimob Polda Bali sebanyak 144 Orang, Dalmas Dit Sabhara Polda Bali 112 anggota, Propam Polda Bali 5 Orang, Dit. Reskrim Polda Bali 5 Orang, Dit.Intel Polda Bali 10 Orang, TNI 248 Orang yang akan disiagakan di tiga lokasi daerah Timur di Polsek Kubutambahan, Tengah di Polres Buleleng dan daerah barat di Polsek Gerokgak.
(DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 7150495652008923938

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Bali Creative Week 2017

Bali Creative Week 2017

YURA Shop

Populer

item